by

Gelar Musrenbang, Camat Rasau Jaya Berharap Usulan Prioritas Dapat Terealisasi

Kubu Raya, Media Kalbar

Kecamatan Rasau Jaya Senin (30/1/2023) laksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD)Kabupaten Kubu Raya tahun 2024 mendatang.Usulan prioritas dalam Musrenbang Kecamatan Rasau Jaya diharapkan dapat terealisasi.

Kegiatan musrenbang berlangsung di Aula Gedung Balai Pertemuan Kecamatan Rasau Jaya yang dihadiri oleh Bupati dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kuburaya, beserta anggota DPRD lainnya, Kabid Bina Marga Dinas PUPR, Bappeda Kabupaten Kubu Raya,dan sejumlah SKPD Kabupaten Kubu Raya.Camat Rasau Jaya,Kapolsek Rasau Jaya, Danramil,Ketua LPM Kecamatan, Ketua Forum RT/RW, seluruh Kepala Desa se Kecamatan,tokoh masyarakat, tokoh pemuda,dan para tamu undangan lainnya.

Sagi SE Camat Rasau Jaya menyampaikan,Saat ini kita melakukan musrenbang Enam desa,Rasau Jaya Satu.Rasau Jaya Dua Rasau Jaya Tiga Rasau Jaya Umum Bintang Mas,dan Pematang Tujuh.di Kecamatan Rasau Jaya terdapat Enam Desa.

Namun dalam kondisi saat ini kita akan tetap berupaya memperjuangkan aspirasi rencana pembangunan yang sudah dibahas hingga ke tingkat Desa tersebut,untuk bisa terealisasikan pada tahun 2024 nanti,”ujar Ragi.

Pada prinsipnya,Ragi menyebutkan pelaksanaan Musrenbang tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur bagi masyarakat.

“Maka dari itu pelaksanaan musrenbang tersebut kita lakukan selalu melibatkan dan mengikutsertakan berbagai pihak dalam menentukan prioritas kebijakan pembangunan serta berfungsi sebagai komunikasi untuk mencapai kesepakatan bersama,” ujar Camat.

“Jadi Musrenbang ini dilakukan sesuai usulan-usulan dari tingkatan paling bawah RT dan RW disampaikan ke Desa,selanjutnya aspirasi tersebut dihimpun di kecamatan dan terakhir dibahas di tingkat kabupaten,”tambahnya.

Dalam penjelasan Camat tersebut, terdapat berbagai usulan dari setiap Desa yang sangat bervariatif sesuai dengan kondisi riil dan kebutuhan dari masyarakat.

“Ada sekitar total 25 titik yang kita usulkan untuk Enam desa yang ada di Kecamatan Rasau Jaya.kemudian Lima kegiatan untuk sosial ekonomi.untuk Kecamatan itu sendiri kita mengusulkan beberapa usulan terkait masalah Jembatan.

Kemudian jalan masuk ke kantor Camat di tambah lagi Rehap Kantor Camat mudah mudahan ini bisa terlaksana dan itu harapan kami karna Kecamatan Rasau Jaya merupakan pintu gerbang dari Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong lewat Kecamatan Rasau Jaya,”sebutnya.

Untuk diketahui dalam usulan musrenbang yang sudah ditentukan pada tahun 2021 lalu,Camat Ragi menyebutkan akan dapat pengerjaan pembangunan di tahun 2022 saat ini sebagai langkah konkret menjawab kebutuhan masyarakat.

“Salah satu yaitu pembangunan Jalan Poros lintas Kabupaten di Kecamatan Rasau Jaya. Dan juga kita berharap realisasi prioritas pembangunan lainnya di tahun ini seperti pembangunan jalan di depan Kantor Kecamatan Rasau Jayaserta pembangunan di 6 Desa desa lainnya yang ada di Kecamatan Rasau Jaya.ujar Camat seraya mengatakan bahwasanya pembangunan fasilitas Inspratruktur sebagai sarana untuk peningkatan kualitas Kesejahteraan Masyarakat.”Terangnya.

Surjana Kela Desa Pematang Tujuh Kecamatan Rasau Jaya Saat di Wawancarai sejumlah awak media usai mengikuti Musrembang ia mengatakan ada beberapa hal terutama terkait Insfratruktur barang mungkin Alhamdulillah si sebenarnya ada sejumlah titik terutama selama ini kalau kita lihat akses Jalan Poros Rasau Jaya Paret Saren.

Yang memang ke adaan seat ini jalan tersebut sudah mulai terbangun dan juga di lakukan pada saat ini juga dan kita berharap kelanjutannya pada Tahun 2023 ini bisa selesai.”Harapnya.

Sedangkan untuk dari Pemerintah desa sendiri tentunya banyak hal juga yang kita ajukan dan mudah mudahan bisa terealisasi terutama di Tahun 2023 -2024 nanti.

Sementara untuk usulan yang prioritas untuk tahun 2024 nanti
di antaranya Insfratruktur juga yang lainnya juga masih banyak hal yang memang terkait kerjaan di Pemudaan kita juga coba usulkan terkait hal yang penting.

Apalagi di desa ini mungkin kita tau sendiri bahwa dalam Dua tahun terahir ini dana Desa banyak lari ke BLT Desa,jadi yang sangat prioritas yang kita usulkan Inspratuktur jalan yang meuju Bintang Mas 4 dan Bintang Mas 3.Itu yang sangat Prioritas.”Harapnya.(Tim/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed