by

Guru Binar Dan Education New Zealand Maknai Keberhasilan Peserta Beasiswa Dengan Menggelar Acara Inaugurasi

Jakarta, Media Kalbar – Guru Binar dan Education New Zealand (ENZ) mengadakan acara inaugurasi kelulusan peserta beasiswa yang diluncurkan bagi para guru jenjang SMA di wilayah Kalimantan. Acara inaugurasi ini merupakan puncak acara dari serangkaian program beasiswa pelatihan daring guru yang dilaksanakan pada 11 November 2021 secara daring.

Acara inaugurasi ini diselenggarakan pada 11 November 2021 dan dihadiri oleh Juliana, Head of Guru Binar, Naluri Bella Wati, Acting Market Manager Education New Zealand untuk Indonesia dan Malaysia, serta 161 guru sebagai penerima beasiswa yang berhasil lulus dan mendapatkan sertifikat hingga 64 JP.

“acara inaugurasi ini merupakan sebuah bukti jika para pendidik dapat menyelesaikan pelatihan dengan baik, serta mampu berbagi peran menjadi guru, orang tua, dan pembelajar sepanjang hayat.” Kata Juliana (11/11).

Terhitung sejak bulan Agustus 2021, dua ratus guru dari tiga provinsi di Kalimantan mengikuti program beasiswa dengan mengikuti beragam kelas pelatihan di platform Guru Binar. Terdapat 17 kelas pelatihan yang diikuti oleh peserta baik berdurasi 3 Jam Pelatihan (JP) maupun 12 Jam Pelatihan (JP). Tidak hanya sampai disini, program beasiswa ini juga memberikan pengalaman belajar internasional melalui platform Future Learn yang pada saat sosialisasi program beasiswa disampaikan oleh Ben Burrowes, Regional Director, Asia – Education New Zealand. Ben mengatakan jika platform Future Learn ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap pendidikan di Indonesia, khususnya dalam peningkatan kualitas guru di bidang transformasi digital. Selain itu, hal ini merupakan upaya untuk memberikan pengalaman belajar internasional dengan institusi New Zealand.

“Pelatihan ini merupakan hal baru bagi saya yang merupakan seorang pendidik, terutama tugas atau lembar kerja dari fasilitator yang sangat menantang untuk kami. Pelatihan ini membuat saya menjadi kecanduan akan pelatihan-pelatihan lainnya  yang ada di Guru Binar” ungkap Yacobus, salah seorang guru yang lulus pada program beasiswa ini.

Program Beasiswa Kalimantan ini merupakan program pelatihan guru secara daring yang bersifat pemelajaran campuran (tatap muka via Zoom dan swapacu/ belajar mandiri dengan pendampingan) dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada para guru di Kalimantan untuk meningkatkan profesionalisme.  Program ini juga merupakan bentuk kepedulian Guru Binar dan Education New Zealand terhadap keberlangsungan pendidikan di Indonesia khususnya dalam pengembangan karir guru.

Guru Binar merupakan sebuah platform pengembangan karir guru melalui pelatihan dan beragam pengembangan profesionalisme yang diinisiasi oleh Putera Sampoerna Foundation (PSF) sebagai respon terhadap pandemi Covid-19 dengan tujuan untuk meningkatkan akses pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebagai bentuk komitmen untuk selalu meningkatkan kualitas para pendidik di Indonesia Guru Binar bekerja sama dengan Education New Zealand (ENZ) sebuah badan pemerintah New Zealand yang fokus pada bidang pendidikan internasional.

“Selamat kepada para lulusan beasiswa ini yang telah berkomitmen dan memberikan yang terbaik, tentunya saya berharap bahwa guru-guru yang lulus ini bias menjadi agent of change di sekolah masing-masing” tutup Naluri (11/11).

Acara inaugrasi ini bukan merupakan akhir dari upaya dalam pengembangan kompetensi guru, melainkan sebuah awal dari upaya pemerataan kualitas guru di Indonesia demi terciptanya generasi muda yang berkualitas. (**/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed