by

Hantaru 2023, Kanwil ATR/BPN Kalbar Dengan Kolaborasi Berusaha Capai Target

Pontianak, Media Kalbar

Sejalan dengan tema Hantaru 2023, Kinerja dan Kolaborasi untuk Indonesia Maju, Kanwil Kementerian ATR/BPN Provinsi Kalbar dengan kolaborasi bersama stakholder berusaha mencapai target kinerja di tahun 2023.

“Kita sekarang menyelesaikan target-target PTSL, Redistribusi yang ada di Kalimantan Barat.” Kata Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Provinsi Kalimantan Barat Andi Tenri Abeng, A.Ptnh., M.H., kepada sejumlah awak media  saat konferensi pers di ruang kerjanya, Senin (25/9).

Dijelaskan untuk PTSL beberapa satker sudah mencapai 100%, sementara untuk redistribusi sebanarnya bisa selesai 100% Bulan September 2023, “karena ada tambahan target 8 sampai 9 ribu, kita selesaikan sampai akhir desember ini” imbuhnya.

Kakanwil ATR/BPN Provinsi Kalbar Andi Tenri Abeng menerangkan bahwa target awal untuk PTSL adalah 51.000, sekitar 40.000 an sudah,untuk capai 58 diperkirakan sampai akhir September hingga desember.

Diungkapkan juga untuk target nasional dimana sampai tahun 2025 adalah 126 juta, untuk Kalbar sekitar 1,1 juta bidang, “ini yang perlu diakselerasi semua pihak mengingat waktu 2 tahun, 2024 kita targetkan 3 kali lipat dari target sekarang, kita berupaya bisa untuk mempersiapkan dari akhir tahun 2023 ini.” Ungkapnya.

Untuk itu perlu strategi khusus mencapai 1,1 juta untuk pendaftaran tanah temasuk sertifikat. “Kita berusaha petakan seluruh tanah di Kalbar.” Ujarnya.

Untuk BMN di Kalbar sudah 554 bidang tanah sertifikat sudah terbit untuk Pemerintah Provinsi Kalbar sementatara validasi sedang berjalan. “Bahkan sudah ada delapan sertifikat elektronik untuk pendaftaran tanah pertama yang sudah diserahkan Ke Panglima Kodam karena atas nama Kementeria Pertahanan.” Terangnya.

Sebelumnya Kakanwil memaparkan bahwa dalam rangka hari ulang tahun undang-undang Pokok Agraria ke-63 dan Hari Agraria dan tata ruang (Hantaru) tahun 2023 sudah dilaksanakan beberapa kegiatan antaranya Donor darah bekerjasama dengan PMI, “kemudian selama dua bulan laksanakan bulan bakti Hantaru dengan memberikan pelayanan Pelataran hari minggu di lokasu outdor sekitar GOR dan selesai hari minggu kemarin.” Tuturnya.

Pekan olah raga dan seni sudah dilaksanakan degan juara umum Kantah BPN Kubu Raya, penyerahan PPAT terbaik 3 orang.

“Kemudian upacara tadi yang menjadi inspektur Upacara Bapak Gubernur dengan dihadiri Forkorpimda lengkap, stacholder, mitra kerja BPN dan seluruh jajaran BPN se Kalbar.” Katanya. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed