by

Harisson Pimpin KAGAMA Kalbar

PONTIANAK, Media Kalbar

Musyawarah Daerah (Musda) Keluarga Besar Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) Kalbar, akhirnya memilih dr. Harisson, M.Kes, menjadi Ketua KAGAMA Kalbar Periode 2022 – 2027 yang berlangsung di Ballroom Hotel Mercure Pontianak, Sabtu (17/12).

Pemilihan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan 5 Tahun sekali guna memilih Ketua dan menetapkan kepengurusan organisasi Kagama dimana sebelumnya Kagama Kalbar dipimpin oleh Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA periode 2017 – 2022.

Selain pemilihan Ketua, Musyawarah Daerah ini diharapkan menghasilkan rekomendasi penyelenggaraan program KAGAMA di Provinsi Kalimantan Barat dan menjawab permasalahan – permasalahan serta memperkuat koordinasi antara Pengurus Daerah dengan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat.

KAGAMA merupakan organisasi terpelajar berbasis alumni Universitas Gadjah Mada, sebuah Perguruan Tinggi pertama yang lahir setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945. Organisasi persatuan alumni ini mulai digagas pada Tahun 1956 oleh para alumni generasi pertama Universitas Gadjah Mada untuk memberikan kontribusi mencari jalan keluar atas permasalahan bangsa yang saat itu mendera Bangsa Indonesia dalam berbagai sektor.

KAGAMA memiliki Visi dan Misi yang tidak bisa dipisahkan dengan Visi dan Misi Universitas Gadjah Mada, yaitu menjadi organisasi para cerdik pandai berbasis alumni Perguruan Tinggi yang dikelola dengan standar organisasi modern yang inovatif dan unggul, serta senantiasa mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan, dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

Ketua KAGAMA Kalbar periode sebelumnya, Thamrin Usman menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada semua unsur yang telah mendukungnya mengemban amanah.

“Terima Kasih atas dedikasi semua yang telah berkontribusi selama ini. Mohon maaf memang belum maksimal, karena banyak kegiatan yang tidak bisa terselenggara karena pandemi covid 19 kemarin. Selanjutnya semoga terpilih ketua yang memiliki kompetensi yang baik, demi marwah dan eksistensi Kagama Kalbar kedepannya. Integritas seorang alumni UGM, bisa kita lihat bersama tercermin dari semangat kerja dan semangat membangun ketika di lapangan”, ungkap Thamrin Usman.

Dalam kesempatan ini, Ketua terpilih dr. Harisson, M.Kes., menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Musyawarah Daerah Kagama Kalbar.”Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, saya mengucapkan selamat atas terselenggaranya Musyawarah Daerah ini. Semoga menjadi sarana dalam penyampaian aspirasi dan dapat menyusun program-program di berbagai bidang dalam rangka mewujudkan kiprah KAGAMA di Provinsi Kalimantan Barat”, ungkap Harisson.

Sebagai organisasi yang telah lama berdiri, KAGAMA tentu sudah cukup berpengalaman dalam mengelola dinamika kehidupan berorganisasi, baik secara internal maupun eksternal yang tentunya mempengaruhi eksistensi KAGAMA.

“Saya harap kepada para pengurus dapat bersama memajukan gerakan organisasi yang tergabung dalam KAGAMA, serta bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalbar. Tingkatkanlah peran serta dalam pembangunan daerah, khususnya dalam pembangunan sumber daya manusia serta mengabdikan diri kita kepada masyarakat”, jelasnya.

Dirinya juga berharap agar seluruh alumni Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang berada di Kalimantan Barat, dapat menjunjung tinggi persaudaraan.

“Kesempatan untuk berkontestasi menjadi pemimpin adalah sebuah proses belajar yang mendewasakan dan membangun kemandirian dalam berdemokrasi”, tutup Harisson.

Sebagai organisasi alumni yang mempunyai anggota kurang lebih Lima Ratus Ribuan anggota yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu, yang berasal dari delapan belas Fakultas dan dua Sekolah tentu membutuhkan integrasi dan kolaborasi yang terpadu antara proses penguatan kapasitas anggota, penguatan kolaborasi antara alumni, penguatan kolaborasi alumni dan almamater, dan tidak kalah penting adalah peran alumni dalam pengabdian masyarakat maupun memberikan kontribusi pemikiran terkait dengan kebijakan pemerintah baik yang dilakukan dalam satu profesi maupun antar profesi.

Kegiatan ini turut dihadiri, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi kalimantan Barat, drg. Hary Agung Tjahyadi, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten 1) Setda Prov Kalbar Dra. Linda Purnama,M.Si, Ketua PKK Kota Pontianak, Dr. Apt. Dra. Hj. Yanieta Arbiastuti, M.M., M.Sc., Komisioner Komisi Informasi Prov Kalbar Chatarina Pancer Istiyani, S.S.,M.Hum., yang merupakan alumni dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta serta para pengurus dan anggota Kagama lainnya.(adpim/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed