by

Heboh, Tikus Putih Besar Langka berhasil Ditangkap Ibu-Ibu

Melawi, Mediakalbarnews.com – Seorang Ibu warga Gang Kariau Rt.003 Rw.002 Dusun Sungai Putih Desa Tanjung Tengang Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi Kalimantan Barat dihebohkan dengan penemuan hewan langka, tikus warna putih bermoncong seperti babi, sempat masuk kedalam rumah keiamannya. Sabtu ( 20/3/21) sekitar pukul 10.50 pagi.

Tikus ini berukuran besar mirip kucing dewasa. Beratnya berkisar 1,5 kg. Bulu-bulu di sekujur tubuhnya berwarna putih. Moncongnya menyerupai moncong babi. Tapak kakinya menyerupai ceker ayam hanya bentuknya lebih kecil dengan 5 jari. Ujung jari ditumbuhi kuku yang runcing.

Dita  (22), ibu rumah tangga  sang penangkap tikus menceritakan binatang yang baru kali pertama dilihatnya itu sempat masuk kedalam rumah saat dirinya sedang makan di ruang dapur.

” Tentu saya kaget, karna saya belum pernah melihat binatang seprti itu, tiba-tiba masuk rumah mendekati tempat sampah yang ada di ruangan dapur, kemudian saya lari kerumah orang tua saya memberitahu mereka, kebetulan suami saya sedang tidak berada dirumah, ketika saya kembali lagi, bintang tersebut sudah tidak ada lagi, tidak lama kemudian ibu saya disebelah rumah berteriak, ternyata binatang itu lari ke rumah orang tua saya dan bersembunyi dibawah meja Tv, “ cerita Dita.

Dengan menggunakan kain perca Dita dan Ibunya menangkap binatang mirip seperti tikus tersebut. Diketahui secara ilmiah disebut Moonrat atau Tikus Bulan, dalam bahasa daerah di Kabupaten Melawi khususnya disebut Aji.

“ Awalnya saya takut digigit saat menangkapnya, karena giginya banyak dan tajam. Tikus itu sekarang kami simpan di bekas sangkar burung piaraan yang terbuat dari kawat besi, tadi saat habis ditimbang sempat lepas, namun berhasil ditangkap kembali, beratnya 1,5 kilo,“ terangnya. ( Bgs ).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed