by

Ikhtiar Jaga Budaya, Keraton Surya Negara Sanggau Gelar Paradjek Pasaka

SANGGAU, Media kalbar

Sudah menjadi agenda tahunan, kali ini kembali Keraton Surya Negara Sanggau menggelar Paradjek Pasaka Negeri dan festival adat budaya Melayu ke – XV tahun 2023.

Rangkaian ini, digelar 27 – 30 September, berlangsung pada halaman depan Keraton Surya Negara Sanggau, terletak di Jalan Pangeran Mas, kawasan Kantuk, Kelurahan Ilir Kota, Kecamatan Kapuas, Kota Sanggau, Kalbar.

Sementara, untuk undangan lainnya, akan hadir Raja-raja se Nusantara, dari Malaysia, Brunai Darussalam dan Sulu (Filipina).

Selanjutnya, Pemprov Kalbar dan unsur forkompimda, Bupati dan Wakil Bupati Sanggau serta Kepala OPD, Ketua DPRD Sanggau dan jajaran, unsur forkompimda Sanggau, Ketua ormas, pimpinan perusahaan BUMN/swasta serta sejumlah pihak lainnya.

Pria dengan sapaan akrab Pak Teh ini menambahkan, untuk ritual diantaranya digelar beroah agong, kirab paradjek pasaka negeri dan tolak ajong.

Lantas untuk festival budayanya digelar diantaranya pemilihan abang – ayang, dendang melayu, tari jepin, rodat hadrah, lomba kue tradisional, lomba makanan saprahan dan eksebisi sulam kalengkang.

“Jadi ada sejumlah ritual yang digelar terdahulu berupa beroah agong, kirab paradjek pasaka negeri atau berjalan membersihkan negeri dan tolak ajong. Kemudian, berbagai lomba dalam festival ada budaya Melayu,” ujar Pak Teh.

Menurut Pak Teh, momen paradjek pasaka negeri dan festival adat budaya Melayu yang menjadi agenda tahunan tersebut terselenggara atas dukungan Pemkab Sanggau.

” Terselenggaranya paradjek pasaka negeri dan festival adat budaya Melayu ini tiap tahunnya, berkat dukungan Pemkab Sanggau, dibawah duet kepemimpinan yang baik hati Pak Paolus Hadi dan Pak Yohanes Ontot. Kita sangat berterima kasih akan hal ini,” ucap pria yang tampil low profil ini.

Disinggung mengenai persiapan dan persiapan panitia? Pak Teh menjawab sudah finalisasi dan siap digelar ditandai dengan rangkaian seremoni pembukaan pada Rabu (27/9/2023).

“Aman, panitia sudah bekerja maksimal, Persiapan dan kesiapan pada berbagai seksi sudah ok semua. Tinggal nunggu pelaksanaannya saja. Kita apreasiasi kerja panitia,” cetusnya.

Raja Sanggau mengimbau masyarakat Kabupaten Sanggau dan sekitarnya untuk datang menyaksikan berbagai hiburan dan perlombaan yang digelar selama festival adat budaya Melayu tersebut.

“Selaku Raja Sanggau, saya mengimbau masyarakat ayo datang, menyaksikan berbagai lomba yang digelar. Dan ada hiburan,” pungkasnya.
(matnaji)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed