by

Jalan, Gedung Dan Asrama SMKN 2 Bengkayang Memprihatinkan

Bengkayang, Media Kalbar

Jalan, gedung dan asrama SMKN 2 Bengkayang perlu perhatian, karena kondisi unit pendidikan yang merupakan kewenangan Dinas Dikbud Provinsi Kalbar memprihatinkan.

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Bengkayang didirikan pada tahun 2013 lalu dengan NPSN : 69831559, Status sekolah Negeri.

Adapun bentuk Pendidikan SMK, yang status kepemilikan adalah Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang dengan
SK Pendirian Sekolah Tanggal SK Pendirian : 13 Mei 2014.

SMKN 2 Bengkayang memiliki SK Izin Operasional Nomor : 420/055/DIKMEN, tanggal SIO 13 Mei 2014 dan saat ini ada dua (2) jurusan yaitu: Jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Setelah berjalan selama lebih kurang 8 tahun kondisi askes jalan dan juga gedung SMKN 2 sangat memprihatikan, dan ketika ditemui Selasa (12/7/2022) Kepala SMKN 2 Yohanes, S.Pd dan beberapa guru SMKN 2 tersebut menyayangkan kondisi Gedung Sekolah dan juga asrama seperti terabai kan oleh dinas terkait terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar,

Saya baru menjabat lebih kurang 1 Minggu di SMKN 2 Bengkayang, namun saya kaget karena kondisinya yang saya temui seperti kita lihat sekarang ini, saya takut melewati jalan yang menukik dan kemudian harus melewati jalan diatas kolam yang kerap banjir karena jalan rendah, jadi kendaraan saya titip di depan asrama biar lebih aman,” ujar Yohanes.

Untuk diketahui, informasi yang kami peroleh bahwa, dua (2) gedung utama untuk asrama dan ruang belajar SMKN 2 Bengkayang di bangun dengan menggunakan dana hibah salah satu Perusahaan Perkebunan di Bengkayang beberapa waktu lalu yang di peruntukan untuk fasilitas sekolah SMKN.

Lanjut Yohanes, saat ini di SMKN 2 Bengkayang hanya ada 4 orang tenaga ASN sementara sisanya ada 18 orang merupakan tenaga honorer.

Harapan kami, tentunya ada perhatian serius baik dari Pemkab Bengkayang terkait akses jalan masuk SMKN 2 dan juga asrama, sementara untuk gedung Sekolah SMKN dan fasilitas lainnya kami berharap Dinas Dikbud Provinsi Kalbar juga bisa membantu, dan kami siap menerima untuk kehadirannya melihat kondisi langsung Keadaan SMKN 2 saat ini.

Sementara Ignasius Oyop seorang tenaga honor di SMKN 2 Bengkayang juga menyayangkan kondisi asrama sekarang sangat kurang baik dan perlu di perhatikan pemerintah provinsi Kalimantan Barat

Penyebab utama yang membuat asrama ini tidak terawat karena tidak ada pembina asrama yang serius menangani asrama ini, namun dengan kepala Sekolah yang baru ini, kami sudah melakukan langkah komunikasi kedepannya kami akan mencoba dibenahi”tutur Oyop.

Beberapa waktu terakhir ada pungutan atau iuran bagi penghuni asrama, namun mengenai realisasinya saya juga belum tahu untuk keperluan apa saja.

Sebelumnya saya juga tinggal di asrama, namun terkait iuran itu untuk keperluan di asrama .

Harapannya penghuni asrama bisa menjaga fasilitas yang ada di asrama, menjaga kebersihan lingkungan asrama dan juga tidak melakukan coretan pada dinding.

Ditempat yang sama Felisia yang merupakan bendahara sekolah SMKN 2 Bengkayang mengatakan” Selama ini untuk anggaran pembayaran listrik dan air PDAM itu dari pihak sekolah yang membayar nya, sedangkan untuk keuangan asrama itu sendiri terpisah dari sekolah.

Untuk keuangan asrama tentunya asrama yang mengelolanya jadi selama ini listrik dan Air PDAM dibebankan kepada sekolah”

Felisia juga mengutarakan bahwa untuk pengurus asrama ini juga statusnya guru honor di SMKN 2 Bengkayang dan masuk dalam kepengurusan juga, “karena saya lebih fokus ke sekolah tidak terlibat langsung disini, saya tidak terlalu memahami untuk asrama”,tutur Felisia. (Kur/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed