by

Jamhuri Amir, SH: “Kampanye Dialogis Berikan Pendidikan Politik pada Masyarakat”

Ketapang, Media Kalbar

Smart campaign dalam bentuk kampanye dialogis adalah bentuk kampanye dimana parpol dan Timses mendekatkan calon pemimpin dengan rakyatnya dan menjadi pilihan bapak Jamhuri Amir,SH sebagai caleg Provinsi Kalbar.

Lewat kampanye dialogis pula, komunikasi dengan rakyat akan tercipta dua arah. Calon pemimpin bisa menyerap apa yang jadi aspirasi rakyatnya. Dan, rakyat bisa mendapat ruang untuk bicara. Kampanye dialogis akan mendorong pendewasaan politik publik dan inilah yang menjadi incaran saya sebagai calon pemimpin, supaya rakyat kita lebih mengerti tentang politik dan tidak menyia-nyiakan suaranya.”ungkap pak Jamhuri Amir, SH kepada Media Kalbar (MK) hari Kamis (08/02/24).

“Setidaknya calon pemimpin akan mengetahui lebih jauh tentang apa yang menjadi kebutuhan dan aspirasi rakyatnya. Sebaliknya rakyat atau konstituen akan mengenal lebih dekat sosok calon pemimpinnya,” katanya.

Daripada kampanye dengan pengerahan massa, menurut pak Jamhuri lebih banyak mudharatnya. Sebab kampanye yang lebih mengutamakan pengerahan massa, rentan memicu gesekan. Sedangkan Kampanye dialogis lebih bisa mendewasakan cara kita berpolitik dengan pertimbangan sebagai berikut.

Pertimbangan pertama, sejatinya kampanye adalah kegiatan-kegiatan adu ide, adu gagasan dan adu program. Dan adu program hanya bisa dilakukan secara baik dalam skala pertemuan terbatas. Bisa disemai dengan baik dalam bentuk dialog. Itu ruang untuk uji program dan itu hanya mungkin dilakukan secara baik dalam kampanye dialogis.

Pertimbangan kedua, lanjut pak Jamhuri, dalam kampanye dialogis, ada ruang bagi pemilih untuk berfikir secara kritis dan rasional. Menela’ah dan menguji program atau gagasan yang ditawarkan oleh calon atau tim suksesnya.

Pertimbangan ketiga, kampanye dialogis memberikan pendidikan politik yang mencerahkan. Mendidik masyarakat. Dan program-program parpol dan calon pun bisa ditawarkan lebih transparan serta akuntabel.

“Pertimbangan keempat, dengan kampanye dialogis, masyarakat tidak sekedar berkumpul bersuka ria sebagai massa, tapi lebih partisipatif dan menempatkan rakyat sebagai subyek dalam proses politik dan pembangunan,” ujar pak Jamhuri.

Kampanye dialogis juga dapat mencegah konflik horisontal dan jauh dari kampanye negatif yang mengadu domba dan menyesatkan. Tidak hanya itu, kampanye dialogis lebih efisien dari segi biaya, waktu dan tenaga. ” Dan masih banyak manfaat lainnya.

Kegiatan kampanye dialogis di Tanjung Satai diadakan pada tanggal (04/02/24) diikuti sekitar 700 orang, mayoritas merupakan dari semua kalangan masyarakat yang ada dan tadi malam juga diadakan di Sei. Awan Kiri tepat nya di Tanjung Belandang pada tanggal (07/02/24) juga mendapatkan sambutan hangat dari semua masyarakat setempat.

Kampanye Dialogis ini bertujuan memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, agar masyarakat memahami fungsi Wakil Rakyat yang sejatinya harus bermanfaat, amanah, berkualitas, dan mampu membantu masyarakat.”pungkas pak Jamhuri Amir,SH. *##(RS).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed