by

Jasa Raharja Bersama SUPM Pontianak Laksanakan Diklat BST Bagi Nahkoda Dan ABK

Pontianak, Media Kalbar

PT. Jasa Raharja Cabang Kalimantan Barat bersama Sekolah Umum Pelayaran Menengah (SUPM) Pontianak melaksanakan Pendidikan Dan Pelatihan Basic Safety Training (BST) bagi Nahkoda dan ABK di SUPM Pontianak, Selasa (27/9).

Kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan kemampuan dan refreshment pengetahuan dibidang pelayaran bagi nahkoda dan ABK atau Anak Buah Kapal.

Hadir dalam Kegiatan ini Kadiv Pelayanan PT Jasa Raharja, Hervanka Tri Dianto, ST, MM, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar, Y. Antonius Rawing, Kepala Cabang PT Jasa Raharja Cabang Kalbar AA. Lanang Dawan Wisnu Wardana, SE, CRMO, CRP, QRMP., Kepala SUPM Pontianak Fuad Fudoli, para peserta yang terdiri dari Nahkoda dan ABK.

Kepala Divisi Pelayanan PT. Jasa Raharja Hervanka Tri Dianto, ST. MM., saat memberikan sambutan dan membuka kegiatan menyampaikan bahwa tugas utama Jasa Raharja memberikan santunan bagi korban yang mengalami kecelakaan Darat, Laut dan Udara. “Jasa Raharja turut serta melakukan upaya-upaya pencegahan terjadinya kecelakaan, salah satunya yang ini di Kalbar, karena jalur perairan besar dan cukup berisiko, maka kita laksanakan BST untuk Nahkoda dan ABK berkerjasama dengan SUPM Pontianak.” Kata Hervanka, Selasa (27/9).

Diharapkannya dengan langkah ini salah satu upaya memberikan pengetahuan, wawasan kepada para nahkoda dan ABK dalam menjalankan mitigasi saat pelayaran.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar Y. Antonius Rawing sangat mengapresiasi kegiatan hasil kolaborasi Jasa Raharja dengan SUPM Pontianak tersebut.

Menurut Antonius Rawing, para Nahkoda dan ABK memerlukan sertifikasi, apalagi ini menjadi rujukan. “Banyak hal yang bermanfaat dilaksanakan BST disini antaranya lebih banyak peserta, biaya bisa ditekan dengan dilaksanakan disini, apresiasi untuk Kepala SUPM dan Jasa Raharja Kalbar, Dishub sangat mendukung kolaborasi ini.” Ujarnya.

Apalagi dengan dibukanya pelabuhan Kijing, maka peran Nahkoda dan ABK yang profesional sangat dinanti.

Kepala SUPM Pontinak Fuad Fudoli menyampaikan menyambut baik pendidikan dan pelatihan BST bagi nahkoda dan ABK di Kalbar ini. “Supm tahun depan menjadi balai, kalau jadi balai maka ini untuk Kalimantan dan Kepri.”

Salah satu peserta dari Nahkoda M. Kadafi mengungkapkan dengan mengikuti BST sangat terbantu adanya sertifikat, apalagi dirinya tidak mempunyai ijazah. ” ini sangat bermanfaat bagi kita yang sehari-hari di laut.” Katanya.

Pada pembukaan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Basic Safety Training (BST) bagi Nahkoda dan ABK tahun 2022, dilakukan juga MoU PT. Jasa Raharja dengan SUPM Pontianak. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed