by

Jembatan Baru Dibangun Sudah Mengalami kerusakan, Warga Kecewa

Mediakalbarnews.com, Kubu Raya-Pembangunan jembatan di Desa Bintang Mas ll,Kecamatan Rasau Kabupaten Kubu Raya(KKR)dikeluhkan oleh warga setempat.

Jembatan yang dibangun pemkab Kabupaten Kubu Raya,melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD)Kabupaten Kubu Raya,dengan dana milyaran rupiah dari APBD Hibah Tehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana tahun 2021,

Dengan Panjang 35 Meter Lebar 6 Meter dengan nilai kontrak Rp.5.817.357.000,00 (Lima Miliar Delapan ratus Tujuh Belas Juta Tiga Ratus Lima Puluh Tujuh Ribu Rupiah) Tahun anggaran 2021.
Pelaksana PT.Bina Wira Satya Mandiri.Konsultan Pengawas CV. Global Khatulistiwa Konsultan ternyata hasilnya tak sesuai dengan yang diharapkan masyarakat setempat.

Walaupun sudah selesai dalam pembangunannya,kenyataannya kondisi jembatan sudah mengalami Kerusakan di sejumlah titik.

“Baru beberapa bulan selesai di bangun Bagian Tebing jembatan ini sudah tampak mengalami retak retak begitu juga landasan untuk naik ke jembatan tersebut hanya di timbun dan tidak di Cor,” kata Sutrisno Kepala Desa Bintang Mas II saat ditemui di lokasi jembatan yang baru saja selesai di bangun pada hari Senin(27/9/2021)Siang.

Ia menyebutkan bahwa sebagai masyarakat Desa Bintang Mas ll dan sekitarnya,sangat bersyukur telah dibangun jembatan penghubung diwilayahnya.Akan tetapi kata Sutrisno melihat kondisi Jembatan seperti membuat masyarakat kecewa.

“Kalau kita menilai pembangunan jembatan ini bagus,apalagi jembatan ini merupakan akses penghubung dari Tiga Kecamatan. Yang ada di Kabupaten Kubu Raya kita merasa tidak terima itu baru di bangun kok seperti tidak ada kekuatan,”sebutnya.

Ia juga menyebutkan kalau tidak diperbaiki dikhawatirkan akan semakin bertambah parah kerusakannya dan membahayakan para pengguna jalan.”Ujarnya.

“Yang jadi masalah sekarang ini bagian Pondasi tebing seperti ini. Sewaktu waktu ambruk bisa membahayakan bagi pengguna jalan,”ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan warga Bintang Mas 2 lainnya yang tak mau di sebutkan namanya, dikatakannya bahwa sangat disayangkan dibangun dengan dana milyaran rupiah,nyatanya kondisi Jembatan Seperti ini.

“Kita kecewa lah,kalau seperti ini jadinya.Belum dilewati kendaraan berat sudah mengalami kerusakan,”katanya.

“Lebih lanjut Sutrisno mengatakan
Jadi ini lah yang saya sayang kan dengan pekerjaan yang saat ini kita lihat seperti ini dan ini,ini seharusnya paling tidak di cor supaya tanah yang dari sana kena air hujan nggak turun ini salah satu nya.”Terangnya.

“Dan yang ke Dua nya ini banyak pekerjaan yang retak dan ini sebagian yang ini,ini tidak di cor juga cuma di timbus di kala hujan turun dia akan lari otomatis gantung begitu juga sebaliknya yang ini kalau tanah merah nya turun dia akan longsor menggerus yang di bawah cor coran itu,”Terangnya.

“Dan yang lain lagi kemarin saya tanyakan oleh konsultan yang sebelah sana itu kemarin katanya mau di cor ternyata sampai saat ini saya tanya lagi dari pihak pengawas nya juga tidak di cor ternyata itu kemarin saya tanya kan itu sama konsultan nya langsung katanya di cor,ternyata saat ini juga tidak di cor.

“Jadi tolong yang mempunyai kerjaan atau PT yang melaksanakan kegiatan tersebut tolong dibenahi lagi supaya sesuai dengan anggaran tersebut karena anggaran ini hampir 6 milia.”Harapnya.

“Karena selama saya di kantor belum ada pihak konsultan yang nemui saya sampai saat ini tetapi hari lain pas saya tidak ada dikantor saya tidak tau ya tetapi yang jelas mulai pengerjaan ini tidak pernah menemui saya,”Kesalnya.

“Untuk hal hal kemarin juga sudah saya sampaikan mengenai keretakan keretakan yang ada tetapi ternyata begini saja tidak di betulin,kemarin saya tanya kepada Konsultannya di binag sudah begini saja pekerjaannya itu kata konsultan kepada saya.”Terang.

“Masih Kata Sutrisno Kepala Desa Bintang Mas 2 Jadi begini kemarin sebelum pengerjaan ini konsultan sudah saya kasi tau bahwa dia berjanji dari sampai depan rumah warga sini sampai ke sana itu akan di cor ternyata kemarin setelah pengerjaan ini ,ini pihak pengawas katanya nggak akan di cor alasannya mereka bilang tekor seperti itu.keadaan sekarang kita lihat ini seperti ini sampai tanah warga sampai di situ tidak di cor acak acak saja seperti itu,ya seperti itu.”Katanya.

“Ya harapan kami Karna ini masih ada masa pemeliharaan Dinas dinas terkait yang menangani hal seperti ini supaya turun Lansung kelapangan supaya melihat keadaan pengerjaan jembatan di Desa Bintang mas ini artinya kami juga nggak mau kecewa.”Tandasnya.

“Sementara berita ini di terbitkan baik dari pihak pelaksana maupun Istansi Dinas terkait belum dapat di hubungi.(TIm/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed