by

Jembatan Terkenal Pak Kasih Gelap Gulita Rawan Kecelakaan

Tayan, Media Kalbar

Jembatan Tayan adalah sebuah jembatan yang melintang di atas Sungai Kapuas, Kabupaten Sanggau, provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Jembatan ini menjadi bagian dari Jalan Trans Kalimantan poros selatan yang menghubungkan Kalimantan Barat (Kalbar) dengan Kalimantan Tengah (Kalteng). Jembatan Tayan tersebut diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Jembatan Tayan terkenal juga dengan sebutan Jembatan Pak Kasih merupakan jembatan termegah yg ada di Kalbar. Namun sangat disayangkan, saat ini jembatan tersebut jikalau di malam hari dalam keadaan gelap gulita sehingga rawan akan kecelakaan, yang mana jembatan tersebut merupakan satu-satunya akses menuju Provinsi Kalbar dan tidak pernah sepi dari pengguna jalan, siang malam selalu ramai dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jembatan Pak Kasih alias Jembatan Tayan yg dulu terkenal megah dan indah saat malam hari, sekarang gelap gulita seperti padang tekukur, elok dan indahnya jembatan Tayan/Pak Kasih tiada lagi tinggal kenangan, perlu kita pertanyakan dikemanakan dana yang dianggarkan oleh Pemerintah? Tiang lampu jembatan berdiri kokoh di sisi kiri-kanan jalan, namun lampunya tidak hidup, ini menunjukkan betapa lambatnya penanganan yang dilakukan oleh Dinas terkait. Padahal ini menyangkut nyawa banyak orang, seharusnya Dinas terkait harus lebih tanggap dalam menjalankan amanahnya.

Diharapkan Gubernur Kalbar Bapak Sutarmidji memberikan respon yang baik dan cepat tanggap atas keluhan masyarakat yang mengunakan akses Jembatan Tayan/Pak Kasih sebelum menelan korban jiwa.

Terpisah disampaikan salah satu warga Tayan sebut namanya fajri, dikatakannya kepada MK jumat (20/08/21),” Kami tidak mengerti, sudah sekian lama lampu penerang jembatan Tayan ini tidak hidup lagi, sehingga keadaan menjadi gelap gulita karena dari lampu penerang jalan hingga lampu hias jembatan tidak hidup. Kami meminta kepada pihak terkait agar bisa memperbaiki lampu penerang jembatan sehingga jembatan Tayan/Pak Kasih menjadi terang benderang dan indah kembali saat malam hari,”pungkasnya fajri. *##(Yan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed