by

K3SD Dan PGRI Kecamatan Sungai Kakap Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

Kubu Raya, Media Kalbar

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3SD) dan PGRI Kecamatan Sungai Kakap
berkolaborasi dengan Erlangga
Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka dan mengenal kurikulum merdeka bagi sekolah dan Guru Jenjang Sekolah Dasar.

Acara tersebut di selenggarakan di Aula Yayasan Al-Fityan School Kubu Raya di Desa Pal Sembilan,Jum’at (25/3/2022), di hadiri oleh Kepala Bidang (Kabid) pembinaan Sekolah Dasar(Dikdas)Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya M.Zaini.Z.S.Pd., Direktur.Yayasan Al-Fityan.Ustad H.Ihksan Syamsi.M.Pd.i ,Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Sungai Kakap.Pengawas Sekolah Kabupaten Kubu Raya ,Ketua K3SD.dan Narasumber Asmaul Husna,S.Pd.M.Si.

Dalam sambutannya,M.Zaini Z.S.Pd
mengapresiasi kegiatan workshop tersebut untuk bisa dikembangkan di Kecamatan untuk memompa semangat dan membantu memudahkan guru di Masa Pandemi.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini untuk dilaksanakan dan dipraktekkan di sekolah agar bisa membantu guru di masa Pandemi,” kata M.Zaini.Z

Menurutnya,materi workshop ini sudah sesuai dan pas digunakan di masa Pandemi berupa pendalaman terkait kurikulum Implementasi Kurikulum Merdeka jenjang SD,

dan perangkat pembelajaran di masa pandemi,serta perangkat dalam membuat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP) untuk program tahunan,Rencana Program Pembelajaran(RPP)semester dan RPP bagi guru setiap melakukan Pembelajaran Tatap Muka(PTM).

“Diharapakan kepala sekolah dan guru harus bisa beranjak dari Zona nyaman yang artinya jadi guru harus lebih kreatif dan tinggalkan kebiasaan lama yang cuma nyuruh murid mengerjakan tugas dan gurunya enak-enakan di kantor sambil rokoan,” candanya.

Lebih lanjut M.Zaini mengingatkan dan menekankan kepada seluruh kepala sekolah dan guru jangan sampai ada terjadi pelecehan berbentuk apapun terhadap siswa di karnakan sudah ada salah satu yayasan Sekolah TK di kabupaten Kubu Raya.

Ketua Panitia Pelaksana Uray Marini.S.Pd Kepala Sekolah SD Al-Fityan kepada sejumlah wartawan Dia mengatakan hari ini kita melaksanakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka belajar dan mengenal kurikulum merdeka bekerjasama K3SD dan PGRI berkolaborasi dengan Erlangga Gelar Workshop.

“Hari ini ada Dua agenda besar yang kita laksanakan pada hari ini yang pertama penulisan naskah soal penilaian semester Ahir tahun kemudian yang kedua Sosialisasi dan Workshop kurikulum merdeka belajar.”Ujarnya.

“Untuk kedepannya kegiatan seperti ini bisa berkesenambungan menurutnya karnakan ini sangat penting sekali kita lakukan dan berkesenambungan kenapa karena untuk sebuah sekolah itu sangat di tentukan Evaluasi kepada anak muridnya.

“Semangkin baik Evaluasi yang kita berikan kepada anak didik kita itu akan meningkatkan mutu sekolah kita selain itu pula dalam rangka menyongsong Inplementasi kurikulum merdeka belajar di tahun 2024, seperti yang di canangkan oleh
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kita yaitu Bapak Nadiem Makarim.

“Nah Ini penting sekali buat kita semua sekolah sekolah baik Negeri maupun swasta untuk menjalani memahami bagai mana kurikulum belajar merdeka itu sendiri.”Sehingga ketika itu kita memang akan menerapkan di tahun 2024 nanti ini dapat tercapai dengan baik.”Tandasnya.

Sementara.Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Sungai Kakap.Agus Anwari.S,Pd,MM.
Mengatakan saya selaku.Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Sungai Kakap.Mengucapkan terimakasih sekali kepada pengurus K3SD Kecamatan Sungai Kakap.yang telah melaksanakan program kerjanya melalui kegiatan ini.

“Terutamakepada Implementasi Kurikulum merdeka yang bekerja sama dengan salah satu penerbit yang ada di Kabupaten Kubu Raya dan Alhamdulillah Narasumbernya berasal dari orang orang yang berkompeten dalam mencerdaskan bangsa yang akan menyampaikan materi dalam sosialisasi kurikulum penggerak atau kurikulum merdeka belajar.

“Nah harapan saya mudah mudahan ini bisa di terapkan di sekolah walaupun dalam pelaksanaan kurikulum baru ini nanti Endingnya akan di louncingnya pada tahun 2024 nanti paling tidak kawan kawan sudah mempunyai persiapan yang matang dan sudah kenal bagai mana bentuk Kurikulum merdeka tersebut.”Pungkasnya.

Antusiasme peserta yang ikut luar biasa banyak,di Ikuti Oleh Sekolah Dasar SD Negeri dan SD Islam (Swasta)se-kecamatan Sungai Kakap,Yakni sebanyak 110 orang peserta,Dan akhirnya,acara tersebut berakhir,ditutup oleh Ketua KKKSD Kecamatan Sungai Kakap,”Syukur,S.Pd.(Tim/MK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed