by

Kembali Gempa Guncang Kecamatan Air Besar Kanit Intelkam Segera Tinjau Lokasi

LANDAK, Media Kalbar

Kanit Intelkam Polsek Air Besar AIPDA Heriyadi bersama unsur perangkat Desa dan Tokoh Masyarakat tingkatkan sinergitas bersama-sama tinjau Cek lokasi pasca gempa yang mengguncang 2 Desa di Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak, yaitu Desa Sepangah dan Desa Semuntik yang terjadi pada kamis dini hari (06/7/2023).

Pengecekan/Monitoring tersebut dilaksanakan berdasarkan Berita yang telah di rilis resmi oleh BMKG Kalbar pada hari Kamis tanggal 06/07/2023 yang mana berita dari BMKG Kalbar menerangkan bahwa pada hari Kamis tanggal 06/07/2023 sekitar Jam 04.43.22 WIB telah terjadi gempa Bumi yang berpusat di 0.62LU,110.00BT atau 102 Kilometer Timur Laut Pontianak-Kalbar dengan kedalaman 8 Kilometer dan dengan kekuatan Gempa 2.6 magnitudo.

Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan, S.H, S.I.K, M.M. melalui Kapolsek Air Besar IPDA Donny Pati Pratama Yolanda membenarkan kejadian tersebut dan telah merintahkan personil untuk melaksanakan monitoring dan pengumpulan keterangan-keterangan dari warga terdekat yang merasakan gempa bumi yang telah terjadi sekaligus berikan himbauan agar warga masyarakat setempat tidak terlalu cemas namun diharapkan untuk selalu waspada akan setiap situasi dan kondisi yang terjadi.

Berdasarkan keterangan yang didapat AIPDA Heriyadi menyampaikan bahwa “Getaran tanah yg di duga gempa bumi tersebut terjadi pada subuh hari dimana kebanyakan warga yang masih banyak yang tertidur dan hanya beberapa warga yang merasakan gempa tersebut”, jelasnya.

“Adapun untuk Gempa yang terjadi tersebut di rasakan oleh beberapa warga masyarakat dari Desa Sepangah dan Desa Semuntik Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak”, tambahnya.

“Sedangkan untuk Gempa yang terjadi tersebut di rasakan oleh masyarakat setempat yaitu berupa getaran pada tanah disekitar tempat tinggal, dan ada yang mendengar suara gemuruh pada bagian atap rumah jika atap rumah yang menggunakan Seng dan untukbbarang-barang yang digantung didalam rumah bergoyang dengan durasi 1 sampai 2 Detik”, tambahnya lagi.

Alhamdulillah dari berita dikeluarkan sampai saat ini dampak akibat dari Gempa Bumi yang telah terjadi tersebut tidak menimbulkan kerugian baik materi maupun korban jiwa. (*/amd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed