by

Kemenkumham Kalbar Sosialisasikan Aplikasi Guna Meningkatan Pengelolaan Anggaran Tahun 2024

Pontianak, Media Kalbar

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Barat (Kalbar) terus berupaya meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan anggaran. Hal ini terwujud dengan sosialisasi aplikasi keuangan, Kamis (21/12).

Aplikasi yang diperkenalkan oleh Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar ini memiliki tujuan utama untuk memperbaiki dan memantau pengelolaan anggaran di lingkungan Kantor Wilayah tersebut. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan sistem yang lebih efektif dan responsif dalam pengelolaan anggaran tahun 2024.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar, Muhamad Tito Andrianto, menjelaskan bahwa pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi serta mempermudah pemantauan dan evaluasi penggunaan anggaran di seluruh unit kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalbar.
“Dengan adanya aplikasi ini, kami berharap dapat lebih efektif dalam memastikan setiap anggaran yang disediakan dapat dimanfaatkan dengan optimal sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kami juga dapat memantau realisasi satuan kerja secara realtime,” ujar Muhamad Tito Andrianto.

Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi berbagai tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan keuangan pemerintahan, termasuk upaya untuk menghindari potensi penyimpangan anggaran dan meningkatkan akuntabilitas, lanjut Tito.

Sebagai langkah awal, para pegawai khususnya pengelola anggaran masing-masing bidang telah menerima pelatihan intensif terkait penggunaan aplikasi tersebut oleh delevoper aplikasi keuangan ini. Pelatihan ini diharapkan dapat memastikan bahwa seluruh staf memiliki pemahaman yang baik terkait fitur-fitur aplikasi dan bagaimana mengoptimalkan penggunaannya.

Kakanwil berharap dengan implementasi aplikasi ini dapat menjadi contoh bagi instansi pemerintah lainnya dalam meningkatkan tata kelola keuangan secara efisien dan transparan.
“Dengan adanya inovasi ini, diharapkan pengelolaan anggaran tahun 2024 akan menjadi lebih terukur, memberikan dampak positif serta meningkatkan kinerja Kanwil kemenkumham Kalbar,” pungkas Tito.

Hadir dalam sosialisasi aplikasi ini kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Eva Gantini, Kepala Divisi Keimigrasian Arief Munandar, pejabat struktural serta operator pengelola keuangan di masing-masing bidang. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed