by

Komda Jaringan Petani Nasional Sambas Dikukuhkan, Guntur: Kami Siap Bersinergi

SAMBAS,Media Kalbar -Komisariat Daerah (Komda) Jaringan Petani Nasional (JPN) Kabupaten Sambas resmi dikukuhan oleh Meteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo secara virtual. Kamis (9/9/2021). Sebanyak 230 orang petani tergabung didalamnya.

Ketua JPN Kabupaten Sambas, Haji Guntur menyatakan siap bersinergi dengan semua pihak demi memajukan sektor pertanian. Dia mengatakan, karena banyak milenial dalam JPN, mereka harus lebih melek teknologi pertanian. Kemudian tidak kalah penting kata Guntur, perbaikan sektor hulu, seperti peningkatan kualitas tanah sawah dan areal perkebunan, serta perbaikan jaringan komoditi unggulan merupakan misi utama mereka.

“Pertama kita akan melakukan pendataan ulang poktan yang tersebar di Sambas. Kita akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Kedua JPN ini lebih banyak beranggotakan petani milenial. Sebagian besar mereka konsen kepada tanaman holtikultura, dan ada sebagian ke tanaman pangan,” ujarnya.

“Misi itu akan kita lakukan bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. JPN adalah petani yang harus melek teknologi juga, ke depan JPN akan membuat program sektor hilirisasi sesuai pesan Menteri Pertanian, JPN harus bisa memanfaatkan teknologi yang tepat guna untuk membantu petani agar lebih sejahtera,” sambungnya.

Guntur mengatakan, JPN butuh dukungan besar dari Satono-Rofi yang mana dalam visi misinya, mereka mengedepankan sektor pertanian. Apalagi sebagian besar masyarakat Sambas memang bergantung pada sektor pertanian. JPN akan bersinergi dengan pemerintah daerah dengan fokus membuat hasil produksi yang berkualitas.

“Kita tidak hanya mengejar kuantitas, tapi juga kualitas, agar harga komoditas bisa berdaya saing dan petani sejahtera. JPN adalah wadah komunikasi petani di daerah sampai ke pusat, tentunya melalui perwakilan di setiap provinsi di bawah naungan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP). Apalagi BPTP selama ini sangat intens berkomunikasi dengan petani di Sambas,” ungkapnya.

Dalam kepengurusannya, Tidak hanya pemerintah daerah, Guntur mengatakan JPN akan bersinergi dengan seluruh organisasi petani yang ada di Kabupaten Sambas. Sehingga apa yang disampaikan Satono-Rofi dalam visi misinya menjadikan Sambas Berkemajuan bisa tercapai dan swasembada pangan di Sambas bisa terwujud. ( Urai Rudi )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed