by

Komjen Andap Budhi Dilantik Jadi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara

Jakarta, Media Kalbar

Komjen Pol (P) Dr (HC) Andap Budhi Revianto SIK MH, secara resmi dilantik menjadi Pejabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara oleh Menteri Dalam Negeri Prof Drs H Tito Karnavian MA Ph.D, Selasa 5 September 2023, di Sasana Bhakti Praja (SBP) Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

Selain melantik Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Tito Karnavian turut melantik delapan Penjabat (Pj) Gubernur, yakni Pj Gubernur Sumatera Utara, Pj Gubernur Jawa Barat, Pj Gubernur Jawa Tengah, Pj Gubernur Bali, Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur, Pj Gubernur Kalimantan Barat, Pj Gubernur Sulawesi Selatan, dan Pj Gubernur Papua.

Pada kesempatan tersebut, Tito Karnavian menyampaikan bahwa momentun ini adalah momentum yang penting dan bersejarah, karena adanya pergantian pemimpin daerah.

Proses penetapan penugasan Penjabat Gubernur dilakukan secara cermat dan seksama melalui mekanisme sidang Tim Penilai Akhir yang dipimpin oleh Presiden.

“Saya juga mengingatkan kembali bahwa sebagai Penjabat Gubernur, segala tindakan yang Saudara lakukan akan memiliki dampak yang signifikan pada masa depan daerah yang saudara pimpin,” pesan Tito.

Selain itu, Tito juga menyampaikan bahwa Pj Gubernur yang baru dilantik bukanlah pejabat politik dan tidak memiliki beban politik, sehingga diharapkan dapat membangun komunikasi yang baik dengan kepala daerah bupati/walikota dari partai politk manapun.

Pj Gubernur harus memiliki kinerja yang lebih baik dari Pejabat Kepala Daerah definitif serta selalu berusaha untuk menjadi pemimpin yang adil, transparan, dan bertanggung jawab.

“Saya ucapkan Selamat Bertugas, jalankan amanah dan tanggungjawab ini dengan sebaik-baiknya serta bangun hubungan baik dengan semua pihak,” tutup Tito.

Pelantikan ini dilaksanakan secara hybrid, dihadiri secara langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara, Azwar Anas, dan Wakil Menteri Hukum dan HAM, Eddy OS Hiariej.

Secara daring, kegiatan ini turut diikuti oleh jajaran Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Unit Pelaksana Teknis, Pejabat Administrasi serta pegawai di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM seluruh Indonesia.

Berikut daftar nama Pj gubernur yang dilantik hari ini:

Mayjen TNI Purn Hasanuddin sebagai Pj Gubernur Sumatera Utara
Bey Priadi Machmudin sebagai Pj Gubernur Jawa Barat
Komjen Pol Purn Nana Sudjana sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah
Irjen Pol Purn Sang Made Made Mahendra Jaya sebagai Pj Gubernur Bali
Ayodhia Kalake sebagai Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur
Harrison sebagai Pj Gubernur Kalimantan Barat
Bachtiar sebagai Pj Gubernur Sulawesi Selatan
Komjen Pol Purn Andap Budhi sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara
Muhammad Ridwan Rumasukun sebagai Pj Gubernur Papua

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed