by

Kongres XXV PWI 25 – 26 September 2023 di Bandung

JAKARTA, Media Kalbar

Bandung, Jawa Barat, menjadi tuan rumah dari Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tahun 2023. Kongres lima tahunan ini akan diselenggarakan 25-26 September di Hotel EL, diikuti ratusan peserta dari 38 PWI Provinsi dan cabang khusus Solo, di luar peninjau dan para penggembira.

Ketua Umum PWI Pusat yang sekaligus Penanggung Jawab Kongres Atal Sembiring Depari mengharapkan Kongres XXV 2023 berjalan baik dan sukses.

“Melihat semangat panitia serta kesiapan PWI Pusat dan PWI Jawa Barat sebagai tuan rumah, saya optimistis Kongres ini bisa berjalan dengan baik dan sukses.” kata Atal S.Depari di Sekretariat PWI Pusat di lantai 4 Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih Jakarta Pusat, Selasa (25/7/2023).

Atal S.Depari yang didampingi Sekjen PWI Pusat/Wakil Penanggung Jawab Mirza Zulhadi dan Ketua Panpel Marthen Selamet Susanto pada kesempatan ini mengurai harapannya jika Kongres XXV PWI Tahun 2023 ini akan dibuka resmi oleh Presiden Joko Widodo.

“Kami akan segera berkirim surat kepada Presiden, meminta waktu untuk audiensi juga,” ujar Atal.

Ketika Kongres XXIV di Solo, Presiden Jokowi berkenan membuka resmi kongres di The Sunan Hotel, Solo, di mana Atal S.Depari terpilih memimpin kepengurusan PWI Pusat periode 2018-2023.

Ketua Panitia Kongres XXV PWI, Marthen Selamet Susanto menjelaskan tema dari Kongres XXV PWI Tahun 2023 ini
Yakni, “Menuju PWI yang Mampu Menjawab Tantangan Zaman.”

“Kami akan segera mengirimkan surat pemberitahuan pelaksanaan kongres serta penjelasan terkait proses pendaftaran peserta hingga teknis acara yang akan di laksanakan pada sejumlah venue serta rangkaian acara kongres,” papar Marthen Selamet.

“Persiapan sudah dimulai dengan melakukan rapat koordinasi gabungan panitia pusat dan lokal. Panitia segera akan memberitahukan lewat surat ke 39 cabang daerah PWI Peserta Kongres” ujar Marthen.

Adapun informasi awal untuk syarat peserta dan peninjau pada Kongres XXV PWI adalah sebagai berikut :

1. Peserta Kongres dari 34 Provinsi dan Cabang Khusus Solo terdiri dari 3 (tiga) orang: Ketua, Sekretaris, dan Ketua Dewan Kehormatan Provinsi. Untuk 4 Provinsi baru di Papua, hanya Pelaksana Tugas (Plt) ketua yang menjadi peserta.

2. Panitia Kongres akan menanggung tiket, penginapan di El Hotel, dan konsumsi untuk tiga orang. Peserta check in 24 September – check out 27 September 2023. Setiap PWI Provinsi mendapat 2 kamar.

3. Tiket direimburse dengan ketentuan melampirkan: kwitansi, copy e-ticket, dan boarding pass.

a. Untuk harga tiket, panitia hanya menanggung sebesar pagu yang sudah ditetapkan.
b. Panitia menyediakan transportasi bus dari Bandara Soeta menuju El Hotel pada tanggal 24 September 2023, dengan dua kali keberangkatan yaitu pukul 10.00 dan 16.00 WIB.
c. Untuk peserta yang menggunakan angkutan umum ke Bandung, panitia menyediakan penjemputan dari terminal, stasiun, dan bandara menuju El Hotel.
4. Peninjau resmi dari masing-masing provinsi berjumlah 5 (lima) orang. Untuk Peninjau, panitia tidak menanggung tiket, akomodasi, konsumsi, dll.

“Kami mengharapkan PWI Provinsi menginformasikan nama-nama peserta dan peninjau kongres dengan mengisi formulir dan foto copy kartu anggota PWI paling lambat 15 September 2023,” terang Marthen Selamet Susanto. (*/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed