by

KPH Melawi Gelar Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Budidaya Madu Kelulut

Melawi, Mediakalbarnews.com – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Melawi laksanakan kegiatan Pelatihan Budidaya Madu Kelulut Lanjutan oleh Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat KPH Melawi. pelatihan dipusatkan di Desa Senempak Kecamatan Pinoh Selatan Kabupaten Melawi. Rabu (13/10/21).

Hadir dalam kegiatan pelatihan Pelatihan Budidaya Madu Kelulut, Kepala Desa Senempak, Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Fauzi sebagai Praktisi sekaligus Narasumber Budidaya Madu Kelulut, Ketua LPHD Senempak, Ketua KUPS Madu Kelulut, Ketua BPD, Penyuluh Kehutanan, Pendamping Masyarakat Perhutanan Sosial, Bakti Rimbawan, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Pegiat Budidaya Madu Kelulut. Pelatihan diikuti 40 orang peserta dengan fokus para pembudidaya madu kelulut.

KPH Kabupaten Melawi melalui Hario Pamungkas, S. Hut selaku Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat mengatakan bahwa kegiatan Pelatihan Madu Kelulut itu dilakukan dari tahun 2019 lalu. Selain itu, kegiatan pelatihan itu juga membuka ruang diskusi bagi peserta terkait permasalahan teknis yang dihadapi dalam melakukan budidaya madu kelulut selama ini maupun permasalahan dalam pengembangan usahanya.

“ Kegiatan itu merupakan kegiatan lanjutan dalam pelatihan budidaya madu kelulut sebelumnya, yang memiliki tujuan pengembangan potensi madu kelulut yang tidak hanya menghasilkan madu saja melainkan juga adanya diversifikasi produk berupa pengembangan wisata edukasi maupun pengembangan produk pupuk cair dari hasil budidaya madu kelulut, “ terang Hario.

Masih menurut Hario Pamungkas, S. Hut selaku Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat KPH Kabupaten Melawi mengatakan, Program dan Kegiatan Seksi PPM KPH Melawi, khususnya terkait program Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Budidaya Madu Kelulut dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di masa Pandemi.

“ Pengembangan hasil budidaya madu kelulut ini sangatlah penting dan harus dilakukan karena kedepan ini berpotensi menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan bernilai ekonomi bagi masyarakat. Kami berharap dengan adanya pelatihan ini berguna untuk peningkatan ekonomi masyarakat di masa pandemi, “ imbuhnya.

Sementara Fauzi Almaarif selaku Praktisi Budidaya Madu Kelulut Sintang menyampaikan terkait teknis cara budidaya madu kelulut. (Bgs).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed