by

Krisis Air Sungai di Dusun Merak Warga Desa Sungai Kakap Minta Tindakan Cepat dari Pemerintah

Kubu Raya, Media Kalbar

Warga di Dusun Merak, Desa Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Kubu Raya menyampaikan keprihatinan mereka terkait kondisi sungai yang mengalami penyumbatan selama tiga hingga empat tahun terakhir.

Eddy Ruslan, seorang tokoh masyarakat di wilayah tersebut, Selasa (14/11/2023) mengungkapkan bahwa saluran sungai yang vital untuk kebutuhan warga sehari-hari telah mengalami Penyumbatan serius. “Saluran ini sudah dinormalisasi berapa tahun yang lalu, tetapi sekarang mengalami sumbatan lagi. Pintu klep juga sudah tidak berfungsi, sehingga menghambat aliran air,” ujar Eddy Ruslan.

Warga di RT 02/RW 09 dan RT 03/RW 09 Dusun Merak menghadapi kesulitan mendapatkan pasokan air bersih untuk keperluan mandi, mencuci, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Proses pertanian dan perkebunan yang mayoritas dilakukan oleh penduduk setempat juga terganggu akibat tersumbatnya saluran sungai.

Eddy Ruslan menekankan dampak negatif yang dirasakan masyarakat setempat, terutama saat musim penghujan. “Banjir menggenangi lahan pertanian,dan menggenagi rumah warga, dan pada saat musim kemarau, lahan sawah warga mengalami kekeringan, mengakibatkan petani gagal panen,” ungkapnya.

Warga memohon kepada pemerintah daerah dan pusat untuk segera mengambil langkah konkret dalam merealisasikan normalisasi sungai. Mereka berharap agar tindakan cepat dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini dan mencegah dampak lebih lanjut terhadap kehidupan sehari-hari mereka.”Pungkasnya.(Mk/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed