by

Lima Kapal Ikan Vietnam Di Tangkap Kapal Pengawas KKP RI

Pontianak, Media Kalbar

Menangkap ikan cumi di perairan Indonesia Lima buah kapal ikan berbendera negara Vietnam ditangkap oleh PSDKP KKP RI di sekitar laut natuna.

“ini di natuna, ini musim cumi keluar, tadi saya lihat di Kapalnya banyak, penuh, ada sebagian dikeringkan, yang kering lebih mahal, jauh lebih mahal. mereka beroperasi sekitar 2 bulan, jadiĀ  2 bulan dilaut, setelah penuh semua baru mereka pulang.” kata Antam Novambar Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI saat memberikan keterangan pers usai melihat dan meninjau langsung 5 Kapal berbendera negara Vietnam yang di tangkap oleh kapal KKP di PSDKP Pontianak Kalbar, Senin (12/4/21).

di Sampaikan Antam bahwa biasanya ini adalah traford atau kapal penampung, biasanya ada 15 kapal penangkap ikan maka 10 kapal penampung atau kapal logistiknya. ” ini yang menjadi PR kami untuk bisa menangkapnya, yang saya khawatir kapal logistiknya ada dikawasan negara mereka.” ujarnya.

Di terangkan juga bahwa kapal asing yang di tangkap pada tahun 2020 ada 100 kapal, tahun 2021 ada 72 dan 12 kapal asing.

Pencurian ikan sering terjadi di Laut Indonesia karena potensi ikannya besar, luar biasa potensi perikanan, “kemudian nelayan kita kemampuan jauh dibanding mereka.” tandasnya.

Antam Novambar berharap kapal ikan yang sudah inkrah nantinya diserahkan kepada Nelayan Indonesia, “Kapal nya canggih, kuat, memang untuk disiapkan lama di laut luas.” tutupnya.

Di tempat yang sama Pung Nugroho Direktur POA menjelaskan bahwa penangkapan 5 kapal ikan berbendera negara Vietnam tersebut terjadi pada hari Jumat (9/4/21) di Natuna. untuk menangkap kapal ikan tersebut terlebih dahulu dilakukan pengerahan pesawat airsuplay untuk memastikan foto-foto spot, akhirnya A 1 dan ada hasilnya.(amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed