by

Lomba Sampan Dragon Boat Sukses Dilaksanakan, Akan Menjadi Agenda Tahunan

Mediakalbar, Melawi – Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1443 Hijriah di Kabupaten Melawi, ragam perlombaan sukses digelar oleh Pemerintah Kabupaten Melawi bersama dengan TNI Polri serta jajaran Pemerintah Daerah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Pimpinan Ormas.

Adapun ragam perlombaan yang sukses digelar seperti lomba Mobil Hias, Motor Air dan Speed Hias serta Lomba Sampan Dragon Boat.

Pada pembukaan lomba sampan Dragon Boat yang dilaksanalkan pada hari pertama Idul Fitri di Sungai Pinoh, Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa mengatakan, Lomba Sampan Dragon Boat merupakan salah satu kegiatan yang membawa nuansa kearifan lokal dengan suasana kebersamaan dan sukacita. Senin (02/5/22) siang.

Menurut Bupati, setiap ide kreatif dan gagasan masyarakat yang ingin memeriahkan hari raya idul fitri dengan kegiatan-kegiatan yang menarik dan berharap lomba sampan yang kita selenggarakan ini dapat memberikan kemeriahan dan menyenangkan bagi masyarakat, apalagi pelaksanannya pada saat libur seperti ini, tentu semakin banyak masyarakat yang turut menyaksikannya.

“ Saya berharap lomba sampan dragon boat ini dapat terus dilaksanakan menjadi agenda tahunan di Kabupaten Melawi. dengan diadakannya lomba ini tentunya dapat mempromosikan Kabupaten Melawi yang sangat potensial dalam pengembangan sektor pariwisata air dan sungai, untuk pengembangan dan pemanfaatan potensi pariwisata ini, masih perlu terus kita tingkatkan di masa-masa mendatang.

Bupati juga berharap event ini bisa menciptakan suasana persaudaraan dan kebersamaan diantara semua sehingga dapat menciptakan Kabupaten Melawi Yang Adil, Pantas, Hebat, yang berlandaskan Gotong royong serta Harmonis dalam Keberagaman.

“ Lomba sampan ini memiliki makna filosofis yang bagus. Kegiatan ini mengajarkan kita untuk siap berkompetisi dengan segala konsekuensinya, baik menang maupun kalah. mari kita junjung sportifitas dengan semangat yang tinggi dalam bertanding, pada kesempatan yang baik ini juga, saya ingin mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Melawi untuk mengisi Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang positif, “ tutupnya.

Sementara itu, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K. yang turut hadir pada acara pembukaan Lomba sampan Dragon Boat, mengatakan bahwa pihaknya siap untuk melakukan pengamanan yang rencananya akan digelar pada hari pertama dan kedua lebaran.

Sementara pada hari kedua saat penutupan dan penyerahan piala kepada para pemenang Lomba Sampan Dragon Boat Bupati Melawi diwakili Margitus Bemban, SH.,MM, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Melawi usai menyerahkan hadiah berupa Piala dan uang pembinaan kepada juara satu pemenang lomba, menyampaikan bahwa tahun depan akan menjadi agenda tahunan pada Hari Raya Idul Fitri.

“ Melalui kegiatan seperti ini tentu akan menjadi magnet wisata di sungai Pinoh dan sungai Melawi ini, kita akan agebndakan dan masukan anggaran di APBD dan ini menjadi salah satu kalender pariwisata di kabupaten Melawi, “ ungkapnya. Selasa (03/5/22).

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K. melalui Waka Polres Melawi Kompol Asmadi, S.IP., M.M. mengatakan perlombaan sampan Dragon Boat telah berjalan tertib dan lancar dan bisa mengangkat nama daerah.

“ Berkat Kerjasama dari semua pihak perlombaan yang dilaksanakan dalam dua hri ini berjalan tertib, aman dan lancar, tentunya dengan kegiatan positif seperti ini bisa mengangkat nama daerah khususnya Kabupaten Melawi, kedepannya akan kita tingkatkan lagi agar acara seperti ini lebih meriah, seperti ajang prestasi juga hadiah yang lebih besar“ ucapnya.

Dikesempatan yang sama LO Kodim 1205/Sintang Mayor Inf Edi Winarno menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat yang terlibat dalam kegiatan lomba sampan Dragon Boat dan berharap kegiatan akan tetap berjalan dengan tertib dan aman.

Hal senada disampaikan salah satu Tokoh Masyarakat Kabupaten Melawi H. M. Noor Haz, menyampaikan dukungannya terhadap lomba perahu hias dan dragon boat.

” Saya apresiasi kegiatan ini karena ini merupakan suatu terobosan untuk memperkenalkan budaya Melawi ke luar” tuturnya.

H.M. Noor Haz pun berharap lomba yang dinilainya sukses terselenggara itu dapat digelar kembali ke depannya.

” Untuk itu, tentunya butuh dukungan dari Pemda agar menjadi seperti agenda tahunan. Saya yakin Pak Bupati kita akan mendukung karena ini untuk kebaikan Kabupaten Melawi,” ucapnya. (Bgs).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed