by

Melantik Pengurus DMI Sekadau, Ria Norsan Sampaikan Hal Penting Tentang Pemberdayaan Masjid

Sekadau, Media Kalbar

Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., Ketua Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Kalimantan Barat, Melantik Pengurus Daerah DMI Kabupaten Sekadau Periode 2023-2028 di Aula Kantor PKK Kabupaten Sekadau, Sabtu (28/1/2023).

Dalam Musyawarah Daerah ke III, H. Ahmad Urabi S.T., terpilih sebagai Ketua Pengurus Daerah DMI Kabupaten Sekadau secara aklamasi.

Dalam sambutannya H Ria Norsan mengutarakan bahwasanya DMI merupakan organisasi yang bernafaskan keagamaan dan independen serta organisasi tidak berpolitik praktis dapat menghimpun segala aspirasi umat. Oleh karena itu, pemberdayaan masjid sebagai sumber kekuatan umat yang harus terus diupayakan oleh DMI, hal ini penting untuk menguatkan kembali peran dan fungsi spiritual masjid itu sendiri.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa sebagian besar masyarakat masih menganggap masjid semata-mata merupakan tempat untuk beribadah semata. Padahal jika kita melihat kembali sejarah, masjid bukan saja dijadikan tempat ibadah akan tetapi sebagai pusat peradaban dari sebagian besar aktivitas umat islam di masanya, baik tempat pendidikan, kegiatan sosial hingga kegiatan ekonomi sekitar di lingkungan masjid,” ungkapnya.

Dirinya juga mengajak para generasi muda untuk memakmurkan masjid yang ada, agar tidak tergerus zaman. Dimana pesatnya kemajuan teknologi, berdampak pada kondisi spiritual pada diri para generasi muda tersebut.

“Oleh karenanya, DMI harus memiliki peran yang lebih signifikan dalam hal pemberdayaan masjid agar para generasi muda tersebut mau dan semangat kembali ke masjid untuk memakmurkannya sehingga menjadikan masjid sebagai kolam-kolam Spiritual untuk menghilangkan dahaga spiritual setiap umat,” tuturnya.

Selain itu, dirinya mengharapkan pemikiran bersama melalui Musda DMI di Kabupaten Sekadau, sehingga dapat mengembangkan komunikasi secara terbuka sekaligus mampu menyelesaikan berbagai permasalahan baik di internal maupun eksternal yang dilandasi pola pikir dan wawasan yang luas.

“Dengan Musda DMI ke III di Kabupaten Sekadau mampu meningkatkan dan memantapkan kualitas serta keberadaan DMI menjadi prima sehingga dapat berperan secara aktif sebagai elemen kekuatan pembangunan khususnya di kalbar,” pungkasnya.

Dalam pelantikan tersebut turut dihadiri Ketua Pemberdayaan Perempuan DMI Provinsi Kalbar Hj. Erlina S.H., M.H., serta para pengurus baik tingkat Pengurus Wilayah dan Pengurus Daerah Kabupaten Sekadau. (adpim/amd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed