by

Munas P3JI Songsong Perbaikan Infrastruktur Jalan

Jakarta, Media Kalbar

Untuk mendukung Kementerian Perhubungan dalam pembangunan infrastruktur jalan dan keselamatan di Indonesia, Perkumpulan Perusahaan Perlengkapan Jalan Indonesia (P3JI) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) pada Selasa 30 November 2021 di Hotel Ibis Styles Jakarta Tanah Abang, Jakarta.

Ketua Umum P3JI Annie Sri Cahyani saat diwawancarai pada Senin (6/12/2021) mengatakan, peran P3JI dalam membantu pemerintah untuk penyelenggaraan perlengkapan jalan yang efektif, efisien, dan bermanfaat akan dilakukan bersama asosiasinya.

“Melalui Munas pertama ini, P3JI tidak sekedar menjadi perkumpulan perusahaan yang berjuang demi profit atau keuntungan, melainkan berjuang demi mewujudkan keselamatan, kesejahteraan hidup orang banyak, dan kita akan mengakomodir apa yang akan dibutuhkan dalam pembangunan infrastruktur khususnya jalan di Indonesia,” kata Annie Sri Cahyani.

Pada kesempatan yang sama, Sekertaris Jendral P3JI Henry Siregar mengatakan pihaknya akan terus menjalin kerjasama dengan Kemenhub atas aktualisasi berbagai regulasi.

“Ke depan setelah ada wadah dan Munas, bisa menyalurkan aspirasi, bisa saling menggandeng satu sama lain, kalau ada regulasi dan kendala sudah ada didukung dan harapan ke depan strateginya untuk bisa membangun infrastruktur di Indonesia dengan berbagai pengurusan baru,” kata Henry Siregar.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi saat menghadiri Munas P3JI tersebut mengatakan siap bekerjasama dengan P3JI untuk dapat membantu pemerintah dalam melakukan percepatan pembangunan dari segi bisnis.

“Tentunya kami mendukung apa yang dilakukan oleh P3JI Ini. Kemenhub kan punya aturan dan Regulasi terkait masalah kelengkapan jalan bagaimana cara pemasangannya, jadi kerjasamanya mereka sebagai penyedia harus sejalan dengan kita, jadi kan biasanya kita lelang dan arahkan sehingga mereka yang akan memasang untuk perbaikan pembangunan jalan atau tol,” kata Budi Setiyadi.

Aktivitas yang dilakukan P3JI dapat perhatian Khusus dari Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI Drs. Budi Setiyadi, S.H., M.Si. tampak dari sikap antusiasnya dalam menyambangai Munas organisasi tersebut, meskipun di tengah kesibukannya mendampingi Menteri Perhubungan dalam kegiatan di ICE BSD, ia dengan antusias hadir secara mendadak di acara Munas Perdana P3JI tersebut, untuk memberikan dukungan penuh bagi perkembangan organisasi tersebut.

“Pertama-tama saya memohon maaf karena tidak bisa membuka Munas ini karena harus mendampingi Pak. Menteri, untuk itu saya mengutus Pak Cucu Mulyana sebagai Direktur Lalulintas Jalan membuka Munas ini, saya harus melanjutkan kegiatan di ICE BSD, tetapi saya berusaha hadir di sini, mohon maaf kedatangan saya mendadak karena harus berkejaran dengan waktu. Saya mengucapkan selamat karena telah melakukan Munas Pertama dan selamat juga karena telah terpilih pengurus yang baru dari hasil Munas ini, saya berterima kasih karena asosiasi ini terbentuk dan akan menjadi mitra kami, selama ini terkait perlengkapan jalan kami kebingungan harus berbicara dengan siapa, saya datang ke sini dengan rasa senang dengan sebuah harapan kita bisa bermitra dengan biak, bekerjasama dengan baik,” kata Budi Setiyadi.

Selain itu, Budi Setiyadi juga mengatakan, “Kami dari Kementerian membutuhkan banyak sekali masukan, sumbang saran dari bapak ibu. Kami masih mengelola spek dan standarisasi dari tata cara pemasangan perangkat jalan, contoh seperti gadril, banyak kejadian kecelakaan meninggal karena tertusuk gadril karena dipasang lurus, di luar negeri dipasang ditarik dari bawah ke atas. Nah, hal seperti ini yang mau kita kaji lebih dalam, yang salah sih bukan yang memasang tetapi karena tidak ada SOP yang jelas tentang mekanisme atau cara pemasangan yang benar. Maka fungsi yang pertama kali harus dijalani P3JI adalah sebagai mitra yang mempunyai kapasitas yang bisa memberikan masukan dan koreksi kepada kami. Setiap regulasi yang akan saya bangun apapun itu, saya tidak sendirian. Sekali lagi, selamat bagi P3JI semoga bisa menjadi mitra yang baik, sebab ada mitra yang tidak baik,” kata Budi Setiyadi.

Munas pedana P3JI terlaksana dengan sukses dan telah terpilih Ketua Umum yang baru secara aklamasi, semua utusan sepakat memilih Annie Sri Cahyani menjadi ‘nakhoda’ bagi asosiasi tersebut, yang didampingi oleh Henry Siregar sebagai Sekertaris Jenderal, dan Bendahara umum Bambang Supriadi. Tiga serangkai ini diharapkan oleh peserta Munas mampu membawa P3JI berjalan maju, menjadi berkat bagi anggota dan bangsa.

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed