by

Muscab III DPC Peradi Pontianak, Pertahankan Single Bar

Pontianak, Media Kalbar

Musyawarah Cabang (Muscab) III DPC Peradi Pontianak resmi dibuka oleh Wakil Ketua Umum DPN Peradi, Dr. Achiel Suyanto S., S.H., M.H., M.B.A., di Hotel Golden Tulip Pontianak,  Sabtu (15/7).

Achiel Suyanto menyatakan Peradi harus mampu solid menjaga marwah organisasi Profesi Advokat yang independen dan mandiri, Pertahankan Single Bar sesuai dengan UU Advokat.

“Organisasi Advokat memang banyak namun organisasi profesi Advokat hanya satu yaitu Peradi. Hanya satu organisasi yang menjalankan kewenangan 8 undang-undang advokat.” Ungkap Dr. Achiel.

Dijelaskannya 8 kewenangan tersebut adalah menyelenggarakan pendidikan, menyelenggarakan ujian, menyelenggarakan magang, melakukan pengangkatan advokat, melakukan pengawasan, membentuk kode etik, melakukan penindakan pada advokat yang salah dan Ad/ART.

“Yang menjalankan 8 pungsi tersebut hanya Peradi dibawah kepemimpinan Prof. Otto Hasibuan, S.H., M.M.” Ujarnya.

Sebelumnya ia menjelaskan bahwa advokat sebagai penegak hukum bersama penegak hukum lainnya, advokat membela untuk penerapan aturan hukum.

Pada Muscab III Peradi Cabang Pontianak ia berharap berkompetisi dalam Muscab, berkompetisi secara jujur dan berintegritas, menjaga marwah organisasi. “Yang tidak terpilih jangan ngambek dan menyebrang, yang terpilih bisa merangkul mengakomodir semua anggota.” Ujarnya.

Plt Ketua DPC Peradi Pontianak, Irenius Kadem menyampaikan bahwa Muscab adalah untuk pertanggungjawaban kinerja pengurus periode 2018-2023, pertanggungjawaban laporan keuangan dan pemilihan Ketua.

“Semuga bisa lancar dan sukses, karena panitia sudah memberikan waktu untuk bakal calon mendaftarkan diri sebagai calon tentunya sesuai denga  AD/ART.” Kata Iren.

Irenius Kadem juga aprsiasi atas pencalonan dirinya karena diminta oleh anggota untuk maju sebagai Calon Ketua, “sebagai anggota peradi harus siap.” Ujarnya.

Ketua Panitia Muscab Peradi Cabang Pontianak Zulfi Asmadi menyanpaikan bahwa sampai penutupan pendaftaran Calon Ketua ada 3 calon yang maju yaitu, Andel, SH., Irenius Kadem, SH dan Agus Adam, SH.

Sementara anggota yang berhak memilih adalah anggota Peradi Cabang Pontianak berjumlah 455. Yang hadir 165. “Namun kita tetap buka sampai ke pemilihan ketua 455 anggota apabila datang bisa memilih.” Ucapnya. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed