by

OTT KPK, Walikota Bandung Bersama Pejabat Dishub Diamankan

Jakarta, Media Kalbar

KPK menangkap Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, saat menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Jumat (14/4/2023).

Akrab dipanggil Kang Yana tersebut sebagaimana dimuat dibeberapa media siber bahwa ia diamankan bersama pejabat Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung. Total, ada sembilan orang yang diamankan dalam operasi senyap di Bandung tersebut.

Foto: Ali Fikri (istimewa)

“Jumlah orang yang ditangkap sejauh ini 9 orang termasuk wali kota dan beberapa pejabat lainnya di Dinas Perhubungan Kota Bandung,” kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Sabtu (15/4/2023).

Selain itu, KPK juga turut mengamankan uang tunai pecahan rupiah senilai ratusan juta saat menggelar OTT tersebut. Uang itu diduga berkaitan dengan suap proyek pengadaan Closed Circuit Television (CCTV) dan jaringan internet Kota Bandung.

“Diduga terkait suap pengadaan CCTV dan jasa penyedia jaringan internet,” beber Ali.

Ali menginformasikan bahwa Yana Mulyana dan sejumlah pihak lain yang terjaring OTT tersebut sudah berada di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. Mereka sedang menjalani pemeriksaan intensif pasca ditangkap tangan.

“Saat ini sudah dibawa ke Jakarta untuk pemeriksaaan di Gedung Merah Putih Jakarta,” beber Ali.

KPK mempunyai waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang berhasil diamankan dalam OTT di Bandung tersebut. KPK akan segera tentukan status hukum mereka hari ini. (**/amd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed