by

Pastikan Posko PPKM Mikro Tingkat Desa Berjalan Secara Maksimal, Satbinmas Polres Melawi Lakukan Pengecekan dan Pembinaan

Melawi, Mediakalbarnews.com – Satbinmas Polres Melawi melaksanakan monitoring dan Asistensi PPKM Mikro di Desa Kenual Kecamatan Nanga Pinoh kabupaten Melawi, Rabu (07/7/2021).

Kegiatan asistensi ini untuk mengecek secara berkala Posko Covid-19 yang berada di Desa Kenual dalam mendukung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro tingkat Desa.

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K melalui Kasat Binmas Iptu Haryono menjelaskan tujuan dibentuknya Posko PPKM Mikro tingkat Desa. “Pos Komando (Posko) tingkat Desa ini dibentuk untuk melakukan mekanisme koordinasi, pengawasan dan evaluasi pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro. Posko ini memiliki 4 fungsi, yakni untuk pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung pelaksanaan penanganan Covid-19 apabila ada warga masyarakat yang terpapar di tingkat Desa,” jelasnya.

Iptu Haryono menuturkan, bahwa kegiatan ini juga untuk memastikan PPKM Mikro berjalan dengan optimal dengan dibentuknya posko di tingkat Desa yang diawasi oleh posko di tingkat Kecamatan. “Kami memastikan agar ketersedia sarana dan prasaran pendukung untuk melakukan langkah-langkah pencegahan dan penangan warga terpapar Covid-19 harus semaksimal mungkin ada di Posko, Agar kegiatan dan pelaksanaannya dapat berjalan secara optimal dan masyarakat merasa terbantu,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, Kegiatan Satbinmas dalam rangka Monitoring dan asistensi PPKM Mikro di tingkat Desa tersebut dalam rangka mendukung kebijakan Pemerintah terkait PPKM Skala Mikro.

“Selain kita berharap keefektifan dari PPKM Mikro ini menekan kasus Covid-19, Kami juga terus melakukan edukasi kesehatan kepada masyarakat, menggelar sosialisasi dan himbauan secara rutin kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan Covid-19 baik dengan cara Penling (penerangan keliling), ataupun dengan operasi yustisi gabungan seluruh Instansi terkait di Kabupaten Melawi, agar masyarakat sadar akan pentingnya penerapan prokes di masa pandemi Covid-19. Agar pandemi Covid-19 segera berakhir perlu kesadaran bersama dan jiwa gotong royong dari seluruh masyarakat,” tuntasnya.

Sumber : Humas Polres Melawi/Oktavianus

Publis : Bagus Afrizal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed