by

Pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan VIII Tahun 2023 Resmi di Buka Bupati KKR

Kubu Raya, Media Kalbar

Ribuan Warga memadati Kompleks Rumah Adat Bugis Saoraja di desa punggur kapuas kecamatan sungai Kakap menghadiri Pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan Sungai Kakap yang ke-8 di buka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Kubu Raya yang dipusatkan di Rumah Adat Bugis Saoraja,Desa Punggur Kapuas Kecamatan Sungai Kakap kabupaten Kubu raya Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (27/1/2023) malam.

Pembukaan MTQ tersebut di tandai dengan pemukulan Gong Dengan mengusung tema”Meningkatkan Kualitas Umat yang Berkarakter Qur’ani Demi Mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Harmonis dalam Keberagaman”,

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Administrasi Umum kabupaten kubu raya, Wakil Ketua Satu DPRD Kabupaten Kubu raya Ir. Usman,
Anggota DPRD Ketua Fraksi PAN
Provinsi Kalimantan Barat yang juga Ketua Umum DPP Forum Komunikasi Orang Bugis (FKOB) Dr. Ardiansyah, SH, MH.,

Ketua TP PKK Kabupaten Kubu Raya Rosalina Muda,Camat Sungai Kakap Junaidi,Kapolsek Sungai Kakap Danramil Sungai Kakap.serta kepala desa se-Kecamatan Sungai Kakap.

Junaidi Camat Sungai Kakap Dalam sambutannya ia menyampaikan betapa besar manfaat yang kita peroleh dari membaca Al-Qur’an.

Dikatakannya Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam bersabda barang siapa yang membaca 1 huruf dalam Al-Qur’an maka Allah akan memberikan baginya satu kebaikan Dan satu kebaikan itu dapat dilipat gandakan menjadi 10 (sepuluh) kebaikan.”Katanya.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini,saya berharap akan memberikan motivasi kepada anak-anak kita begitu juga kita sebagai orang tua untuk lebih mencintai,mempelajari,dan mengamalkan Al-Qur’an.Karena begitu besar manfaat yang kita dapat dari mengamalkan Al-Qur’an.”Ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa ini adalah salah satu Pisi dan misi Pemerintah Kabupaten Kubu raya Bupati Kubu Raya.Bapak H.Muda Mahendrawan,SH.untuk Mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Harmonis dalam Keberagaman”Terangnya.

Beliau juga mengatakan ini merupakan bentuk kepedulian Bapak Bupati kuburaya terhadap masyarakat.Pada kesempatan itu pula beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kubu raya yang telah sudi hadir dan membuka lansung dalam acara MTQ Tingkat Kecamatan Sungai Kakap yang ke-VIII.Semoga Bapak dan Ibu selalu diberikan kesehatan untuk bisa mengemban amanah dengan baik.”Ucapnya.

Tidak lupa juga ucapan terima kasih beliau sampaikan kepada seluruh panitia penyelenggara yang telah mensukseskan acara MTQ ini.
Anwar Ketua Panitia MTQ tingkat Kecamatan yang ke VIII dalam sambutannya ia mengatakan.

Bahwa Saya selaku ketua panitia mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat atas partisipasinya atas terselenggaranya MTQ ini.”Katanya.

Pada kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan ribuan maaf yang sebesar besarnya jikalau kami terdapat kesalahan kesalahan dari kami selaku panitia penyelenggara baik yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja.”Ujarnya.

Di katakannya karna kami sadar sesadar sadarnya bahwa kami adalah manusia biasa yang benar datangnya dari Allah yang salah datangnya dari kami selaku panitia.”Imbuhnya.

Dalam kesempatan ini juga kata Anwar kami dari panitia ingin menyampaikan bahwa terlaksananya MTQ tingkat kecamatan yang ke VII ini.di desa Punggur Kapuas kami panitia menggunakan anggaran dari dana Desa tahun anggaran 2023 tetapi tidak cuman itu kami juga bekerjasama dengan pihak ketiga.”Terangnya.

Di antaranya pihak ketiga yang menopang terlaksananya penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat kecamatan yang ke 8 ini adalah Bapak Dr. Ardiansyah.

Selanjutnya juga kami di bantu oleh wakil ketua Satu Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya Bapak Ir.Usman yang telah mendukung terlaksannya kegiatan ini.”Jelasnya.

Anwar juga mengatakan bahwa mungkin baru kali ini ada Panitia yang terlibat dalam kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an yaitu panitianya yang terlibat adalah Multi Etnis.

Di jelaskannya disini saya selaku ketua panitia umat Islam sedangkan sekretaris saya itu umat hindu mungkin dari yang lain lainnya ada juga umat Nasrani.Insya Allah kata Anwar kami di desa Punggur Kapuas selalu kompak dalam menyukseskan Musabaqah Tilawatil Qur’an.

Di kecamatan sungai Kakap ini dan mereka bekerja dengan sungguh sungguh walaupun kita berbeda Etnis begitu juga agama kami tetap kompak.”Tandasnya.

Sekalilagi kata Anwar kepada seluruh panitia dan segenap lapisan masyarakat yang telah mendukung acara Musabaqah tilawatil Qur’an
saya selaku ketua mengucapkan ribuat terimakasih.”katanya.

Bupati Kubu Raya Usai membuka kegiatan MTQ tingkat Kecamatan Sungai Kakap yang ke-VIII Suatu hal yang juga membahagiakan karna semua itu dilakukan dengan kepung bakul suatu Gotoroyong yang di lakukan oleh masyarakat yang di utamakannya inj juga di persiapkan untuk MTQ di tingkat Kabupaten.”Katanya.

“Jadi kecamatan Sungai Kakap ini.kan termasuk pelaksanaan MTQ nya setiap tahun untuk di Tiga Kecamatan mulai dari tingkat Desa Kecamatan.

Ini Kecamatan Sungai Kakap memang menjadi tempat gudangnya qoriah qariah.karna memang dari dulu konsisten dari informasi dari tahun19 77 soal itu terus di lakukan di Kecamatan.

Jadi tentu hal ini tidak heran kalau Kecamatan Sungai Kakap Itu juga selalu menyumbangkan atau utusan yang membanggakan bagi Kabupaten Kubu Raya.

Ini mudah mudahan kita menyiapkan sekalilgus untuk nantinya mempersiapkan mengikuti MTQ di tingkat Provinsi yang akan berlangsung di Kabupaten Sanggau.”Ujarnya.

Makanya kepada semua panitia dan pelak sana di sini termasuk dari Desa Punggur Kapuas tadi ke beragaman dari kepanitiannya ini juga unik di Kubu raya.

Jadi panitia itu juga ada panitia MTQ di dalamnya isinya juga ada umat lainnya ada umat Hindu.juga ada yang muslim jadi ini juga luar biasa menunjukan bahwa semua itu ikut mendukung dengan menghargai semua satu dengan lain dengan Teloransinya.”Terangnya.

Jadi kata Muda Mahendrawan
saya kira ini sebuah potret Teloransi yang luar biasa juga ke beragaman yang di anggap justru jadi suatu hal yang patut untuk membahagiakan.

Saya ucapkan selamat kepada panitia MTQ pada Kecamatan Sungai Kakap Mudah mudahan nanti se mangkin banyak prestasi semuanya untuk anak anak kita yang bisa se mangkin punya.lompatan untuk berprestasi di Nasional.”Ucapnya.

Sementara Ir.Usman Wakil ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya kepada sejumlah awak media ia mengatakan Alhamdulillah hari ini kita sama sama mengikuti menyaksikan MTQ yang ke-VIII tingkat Kecamatan Sungai Kakap.”Katanya.

Kita tau Alhamdulillah Kecamatan Sungai Kakap ini selalu juara umum .Kecamatan Sungai Kakap ini kita ketahui banyak qoriah qariah Ter baik.tingkat Provinsi bahkan tingkat Nasional sering dapat.

Memang keberadaan MTQ ini di samping mencari bakat bakat terbaik dan juga di jadikan ajang bersilaturahmi tadi sudah di sampaikan oleh Bapak Camat,Bapak Bupati.”Ucapnya.

Terkait kegiatan ini mudah mudahan ke depan bisa menghasilkan qoriah qariah terbaik dari Kecamatan Sungai Kakap,”Pungkasnya.(TIm/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed