by

Pemdes laksanakan Sertijab PJ. Kades Tanjung Tengang kepada Slamet Haryanto

Melawi, Mediakalbarnews.com – Pemerintah Desa Tanjung Tengag adakan Serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Desa yang baru dengan Pj kades sementara Desa Tanjung Tengang Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi Provinsi Kalimantan Barat di laksanakan di kantor Desa Tanjung Tengang. Tetap sesuai dengan Protokol Kesehatan Rabu (10/3/21).

Acara Sertijab di hadiri Camat Nanga Pinoh Sonten, S.Sos.,M.Si, Babinkamtibmas  Desa Tanjung Tengang, Babinsa Desa Tanjung Tengang, kades terpilih Slamet Haryanto, Pj kades Nikodemus, Kepala Desa tetangga Sekecamatan Nanga Pinoh, Ketua BPD beserta anggota, Kepala Dusun, Ketua Rt/Rw sedesa Tanjung Tengang, Ibu-ibu TP- PKK, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan para undangan lainnya.

Pj Kades Tanjung Tengang Nikodemus.  Dalam Sambutannya, ” Saya berterima kasih kepada Pemerintah Kecamatan telah pemberikan amanah kepada saya dalam mengisi kekosongan sebagai menjabat Kades di Tanjung Tengang. Begitu juga kepada segenap BPD, Dusun, RT dan masyarkat yang selama ini bekerja sama dengan baik, hingga segala program pemerintah baik itu program pembangunan, pelayanan dan yang lainnya dapat berjalan  dengan baik. Saya tidak lupa mengucapkan mohon Maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat khususnya masyarakat Desa Tanjung Tengang, yang mana selama ini  ada kesalahan sengaja atau tidak sengaja dalam melaksanakan tugas, saya Mohan di maafkan,” ungkap Nikodemus

Nikodemus juga berpesan kepada Kades yang baru untuk dapat melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, jangan sampai lalai dalam berkomunikasi dalam mengambil sebuah kebijakan, untuk keberhasilan Desa Tanjung Tengang kedepan agar bersama-sama lanjutkan pembangunan  yang didukung oleh semua unsur.

“ Ada empat fungsi managemant yang harus diterapkan untuk keberhasilan Desa Tanjung Tengang kedepan, yang pertama ada Plening atau perencanaan, artinya segala sesuatu harus dilaksanakan harus ada prencanaan, yang kedua Organising, yaitu pembagian tugas terhadap perencanaan kepada seluruh aparatur yang ada, ketiga adalah Ekauting adalah menggerakan ketika tugas-tugas sudah dibagikan kepada orang-orang yang sudag diberikan tugas untuk segera melaksanakan dan yang ke empat Kontroling yaitu sebagai Kepala Desa harus mampu mengontrol atas pelaksanaan tugas-tugas yang sudah diberikan kepada seksi dan kaur masing-masing, “ jelasnya.

Camat Nanga Pinoh Sonten, S.Sos., M.Si dalam sambutannya mengatakan  dengan terpilihnya Kades yang baru priode 2020 – 2026 dan sudah di Lantik oleh Bupati Melawi. Pada 3 Maret 2021 lalu, dan dengan telah habisnya masa tugas Pj kades Tanjung Tengang maka diadakan Serah terima jabatan (Sertijab),” ujar camat.

Camat Nanga Pinoh mengucapkan terima kasih kepada Pj kades yang telah mengisi kekosongan sebagai Pemerintah Desa,  yang mana selama telah menjalankan tugasnya dengan baik,” ucap Camat.

Lanjut Camat,  Kepada kades yang Baru, Saya berharap agar melaksanakan tugasnya dengan baik, dan jangan lupa segala program yang di rencanakan harus berkerja  sama dengan aparatur yang ada di Desa, dan lakukan kordinasi yang baik  agar segala yang direncanakan baik dibidang pembangunan maupun di bidang adminisrasi.

“ Dan saya juga mengapresiasi atas persiapan yang dilakukan dengan tidak mengesampingkan protokol kesehatan, pesan saya kepada kades yang baru, jadilah pemimpin yang adil dan bijaksana sana bagi masyarakat,” pesan Camat.

Slamet Haryanto selaku kades yang baru dalam sambutannya,” saya mengucapkan terima kasih  kepada masyarakat Desa Tanjung Tengang yang telah mempercayai saya sebagai pemimpin Desa, dalam hal ini saya tidak lupa mengharapkan dukungan serta kerja sama untuk membangun Desa ini agar dapat menjadi salah satu ikon Desa terbaik kedepannya di Kabupaten Melawi. Tanpa adanya dukungan kerja sama yang baik maka segala program yang di rencanakan tidak akan berjalan dengan baik. Dan saya mengharapkan kepada Pemerintah kecamatan agar selalu memberikan arahan serta  petunjuk agar kami menjalankan program pemerintah berjalan dengan baik,’ ucapnya.

Selain Bumdes, Slamet Haryanto juga menerangkan salah satu program yang akan dilakukan secepatnya mengenai tapal batas dengan desa tetangga, seperti Desa Labang, Desa Lintah, Desa Tanjung Sari Desa Kenual, Desa Tembawang Panjang, Desa Baru dan Desa Sidomulyo. Untuk tahap awal kita akan segera melakukan pemetaan bersama,

“ Saya sangat tertarik untuk membuat Badan Usaha Milik Desa, selama itu tidak melanggar aturan yang ada, kita akan fokus untuk mendirikan Bumdes dan Unit-unit usaha. Ada beberapa unit usaha yang menjadi fokus kita, diantaranya pengolahan sampah membuat biji plastik, wisata desa dengan memanfaatkan sumber alam sungai kenyikap, Gas Elviji berupa Pertades, ada juga market desa dan lainnya, “ ungkap Slamet.

Sementara Jamaludin purna Kades dua periode sebelumnya mewakili Tokoh masyarakat Desa Tanjung Tengang menyampaikan selamat datang kepada kades terpilih Slamet Haryanto dan ucapan terimakasih serta selamat jalan kepada Pj Kades Nikodemus yang telah mengemban tugasnya dengan baik di Desa Tanjung Tengang.

“ Mari kita warga Desa Tanjung Tengang untuk bersatu, tidak ada lagi kubu-kubuan, tanpa bersatu, kepala desa terpilih tentu tidak akan mampu membangun desa dengan sendirinya, “ pintanya. (Bgs )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed