by

Pemprov Kalbar Segera Mempunyai Pelabuhan Sungai

Kubu Raya, Media Kalbar

Pemerintah Provinsi Kalbar akan segera mempunyai pelabuhan Sungai yang terletak di jalur perairan Sungai Kapuas, direncanakan pelabuhan Sungai tersebut akan mulai dibangun tahun 2024 ini.

Foto: Berfoto bersama usai ekpose proyek strategis daerah tahun 2024 di Aula Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar

Hal ini disampaikan oleh PJ Sekda Kalbar Muhammad Bari usai memberikan arahan ekpose proyek strategis daerah tahun 2024 dan meninjau langsung rencana pembangunan dermaga pelabuhan Sungai di Jalan Adi Sucipto KM 9 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Selasa (6/2).

“Ini sudah  tahap perencanaan, mungkin dalam waktu dekat Pemprov Kalbar minta agar Dinas Perhubungan segera melakukan kegiatan ini, jadi nilainya 17,6 miliar rupiah dari DAK Kementerian Perhubungan dan 1,4 miliar rupiah dari APBD dana pendamping.” Kata Muhammad Bari.

Pj Sekda Kalbar menyatakan bahwa pihaknya meninjau lapangan diharapkan pembangunan nya bisa sukses berjalan pada lokasi yang direncanakan tersebut.  “Mengapa kita lakukan survey ke lapangan dan kita kumpulkan OPD terkait, supaya menyatukan persepsi, supaya nanti kedepan juga tidak terjadi hal-hal atau yang bisa mengganggu disstabilitas proyek, anggaran harus tepat waktu sesuai tahun anggaran 2024.” Tuturnya.

Selain itu lanjut PJ Sekda,  program tersebut sudah lama direncanakan sejak tahun 2021, dan tahun 2024 dilaksanakan.  “Kita berharap ini akan bisa bernilai tambah bagi Pemprov Kalbar, terutama meningkatkan retribusi hasil pelabuhan untuk PAD.” Ujarnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar , Y. Anthonius Rawing menambahkan bahwa pelabuhan Sungai yang akan dibangun untuk angkutan sungai antar kabupaten/Kota yang merupakan kewenangan dari Pemerintahan Provinsi Kalbar.

“Selama ini kita belum mempunyai sarana dan menumpang di Senghie, setelah ini terbangun nanti angkutan sungai antar Kabupaten/kota akan disini semua dan akan kita tertibkan.” Kata Kadis Perhubungan Kalbar

Y. Anthonius Rawing meyakini bahwa potensi cukup besar melihat Kapal-kapal selama ini bersandar di Senghie dan Kapuas Indah, khususnya antar kabupaten/kota. “Ini jelas akan meningkatkan PAD direktor pos retribusi daerah sandar kapal dan keterpaduan antar moda, dimana Kapuas adalah sungai terpanjang dan mempunyai pelabuhan yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya sekitar pelabuhan Sungai ini.” Terangnya.

Sebelum peninjauan rencana pembangunan dermaga untuk pelabuhan Sungai, sebelum nya dilakukan ekpose proyek strategis daerah tahun 2024 di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar.  Dimana dalam ekpose tersebut disampaikan oleh Kadis Perhubungan Provinsi Kalbar terkait program proyek pembangunan pelabuhan Sungai. Pj. Sekda Kalbar Muhammad Bari juga menyampaikan arahan pada kegiatan tersebut. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed