by

Penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2022 Desa Arus Deras

Kubu Raya, Media Kalbar

Dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2022 Pemerintah Desa Arus deras kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya melaksanakan kegiatan Musyawarah Desa (Musdes),pada hari Kamis 8 Juli 2021.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepal Desa.Adulsukur,Ketua BPD Desa Arus Deras beserta anggota,Pendamping Lokal Desa,Ketua LPM Desa Arus Deras dan tokoh Masyarakat Desa Arus Deras.

Adapun Tujuan dari penyusunan RKPDes ini adalah terwujudnya perencanaan desa dalam usaha mewujudkan rencana pembangunan jangka menengah desa. Dan tercapainya pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien,efektif dan ekonomis dalam pembangunan desa menuju desa yang maju,mandiri dan sejahtera.

Abdul Sukur Kepala Desa Arus Deras Usai kegiatan kepada sejumlah wartawan dia menjelaskan Kalau kita lihat usulan-usulan dari RT memang mereka masih terfokus pada pembangunan infrastuktur terutama untuk tahun 2022.
tafsir jalan Gang selain itu juga ada Petani penyampaian untuk peningkatan ekonomi seprti bantuan bantuan UMKM dan Perikanan.

Alhamdulillah kita sudah memulai ke pemberdayaan tidak semuanya terfokus kepada dalam pembangunan dan infrastruktur saja,Tetapi kami juga yang masih mengalokasikan modal usah untuk Bumdes dan memang perioritas kami dari Bumdes untuk usaha Dana Desa seperti yamg lain lain kegiatan posyandu,untuk kesehatan juga pengadaan sarana kesehatan sudah di ajukan bidan di Desa Alhamdulillah kita sudah bisa di terapkan semuanya.”Katanya

Untuk pembangunan Dari dana desa itu sudah mencapai sekitar 60 persen untuk tahap kedua ini maseh belum selesai karena masih ada satu kegiatan lagi yaitu pembangunan Jalan Rambat beton yaitu di RT.04 sepanjang 256 meter baru mulai di datangkan material materialnya.Tetapi rencana kami dalam bulan agustus ini sudah selesai semuanya.”Terangnya.

Dikatakannya sedangkan untuk program pertanian di desa ini minim,kita mengalihkan ke program perkebunan baik perkebunan buah-buahan,sayur-sayuran seprti contoh kita mengadakan pinhos itu untuk pengadaan bibit di motori oleh ibu-ibu PKK.

Bibit-bibit ini kita siapkan untuk masyarakat secara gratis,jadi pertanian memang untuk Desa Arus deras sendiri sudah keluar dari Pertanian karena memang lahannya sudah 90 persen menjadi lahan perkebunan terutama Perkebunan kelapa sawit.”Ucapnya

“Sisa sisa dari lahan tersebut kami manfaatkan untuk perkebunan buah-buahan,alhamdulillah jambu, madu dan jambu kristal sudah mau tumbuh harapan saya bisa di kembangkan.”Tandasnya(Tim.Mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed