by

Peringati HUT RI 77, POM Gelar Lomba Tari Multi Etnis

Pontianak, Media Kalbar

Dalam rangka memperingati dan merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 77, ormas Persatuan Orang Melayu (POM) melalui sayapnya Persatuan Mahasiswa Melayu (PMM) bersama Sapta Sinergy Organizer menggelar kegiatan Festival Kreasi Tari Multi Etnis Tingkat Kalimantan Barat pada hari Rabu tanggal 17 Agustus 2022 di Taman Sepeda Untan / Ex Plaza MTQ.

Ini merupakan event lomba tari multi etnis pertama di Kalbar dalam rangka memperingati HUT RI ke 77. Kegiatan ini sengaja kita laksanakan dengan tujuan untuk membumikan semangat Bhinneka Tunggal Ika serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa di Kalimantan Barat. Kami berharap agenda strategis ini mendapat dukungan dari pemerintah daerah, TNI POLRI, dan pihak-pihak lainnya,” ucap Agus Setiadi, Ketua Umum POM. Kita tau Kalbar ini kan sangat beragam, ada berbagai macam suku dan agama yang tinggal disini apalagi daerah kita berbatasan langsung dengan Malaysia. Sehingga melalui kegiatan festival tari multi etnis ini diharapkan makin mempertebal jiwa patriotisme dan kebanggaan kita sebagai anak bangsa,” terang Tokoh Muda Kalbar ini.

Pada kesempatan ini kami selaku panitia pelaksana (PMM Kalbar) mengajak kepada semua lapisan masyarakat seKalimantan Barat baik dari kalangan sekolah, kampus, sanggar-sanggar, organisasi adat/kesukuan, pegiat budaya, club tari, dan kelompok lainnya untuk ikut serta mengirimkan utusan mengikuti lomba ini,” ungkap M Ramadhan, Ketua Panitia Festival. Lomba ini tidak dipungut biaya alias gratis dan bisa diikuti semua kalangan serta usia dengan memperebutkan total hadiah hampir dua puluh juta rupiah plus piala/tropi, sertifikat dan bingkisan. Jadi siapapun boleh ikut, yang penting berkelompok minimal 4 orang dengan menyajikan konsep kreasi bebas tarian multi etnis yang ada di Kalbar atau Indonesia,” tutur mahasiswa Fekon UMP ini.

Ditambahkan oleh Roni Permana, Humas Panitia Festival Tari Multi Etnis bahwa Event ini sangat menarik dan unik serta mendukung misi pemerintah dalam memperkuat toleransi dan merawat keberagaman. Pihaknya menyambut dengan tangan terbuka semua pihak yang mau ikut berpartisipasi dan mendukung agenda ini. Jika banyak pihak yang berkontribusi, bisa jadi lomba ini akan kita buat jadi beberapa kategori sehingga akan makin menambah semangat para peserta untuk mengikuti kompetisi ini,” ujar Mahasiswa FKIP UNTAN ini. Pendaftaran peserta sendiri telah dibuka 29 Juli kemaren dan akan kita tutup tanggal 13 Agustus, karena pelaksanaan Festival tanggal 17 Agustus dengan target peserta sekitar 30 tim/kelompok seKalimantan Barat. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, bisa menghubungi panitia di no WA 083151784393 (selina) atau WA 089518355733 (putri),” papar Roni mengakhiri percakapan. (**/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed