by

Polsek Sengah Temila Mediasi Masalah Pemukulan

Landak, Media Kalbar

Polsek Sengah Temila dalam hal ini Bhabinkamtibmas merupakan Personil Kepolisian yang paling dekat dengan masyarakat. Merekalah yang menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas, menyampaikan Program Kepolisian, menyelesaikan masalah warga Binaannya salah satunya Problem Solving dan kegiatan lainnya yang berbaur dengan masyarakat.

Menindaklanjuti hal tersebut Bhabikamtibmas Desa Saham Aipda Keristian bersama Bhabinkamtibmas Desa Pahauman Bripka Deswi Candra melakukan Problem Solving terkait adanya masalah pemukukan oleh warga Desa binaannya. Penyelesaian masalah dilaksanakan di Polsek Sengah Temila, Rabu (05/04/2023).

“Dalam menyelesaikan masalah tersebut, Bhabinkamtibmas memanggil kedua pihak pelaku dan korban serta pihak- pihak terkait yang berhubungan langsung dengan kejadian tersebut ke Kantor Polsek Sengah Temila untuk menyelesaikan masalah dengan cara Musyawarah.

Setelah dilakukan proses mediasi, kedua belah pihak sepakat untuk selesaikan secara damai dan kekeluargaan dengan kesepakatan sesuai beberapa poin kesepakatan bersama yang dituangkan ke dalam surat pernyataan.

Secara terpisah, Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan, S.I.K., MM melalui Kapolsek Sengah Temila Ipda Yulius Kartono, mengungkapkan bahwa sebagai anggota Bhabinkamtibmas, selain tugas sambang rutin juga dituntut memiliki kemampuan untuk mendeteksi dini ganguan kamtibmas wilayahnya.

Disamping itu juga harus memiliki kemampuan menyelesaikan permasalahan setiap kejadian yang ada di wilayah binaannya. “Tentunya hasil kesepakatan ini dapat diterima oleh kedua belah pihak yang bermasalah tanpa melalui peradilan sebagai wujud memberikan Pengayoman dan rasa keadilan. Dengan demikian dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri,” ungkap Kapolsek. (*/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed