by

PSMTI Gelar Donor Darah Bertepatan Pelestarian Budaya Tionghoa Sembahyang Dewi Bulan

Foto: Donor Darah yang dilaksanakan PSMTI di Yayasan Makmur

Pontianak, Media Kalbar

DPD Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Kalbar melaksanakan kegiatan sosial berupa Gerakan Donor Darah di Yayasan Makmur Pontianak Jalan Gajah Mada Pontianak, Sabtu (10/9).

Kegiatan ini bekerjasama dengan PMI Kota Pontianak, Kodim 1207/Ptk, Pemkot Pontianak, Ai Xin, Inti Kalbar, Matakin, MABT Pontianak, Perkumpulan The Chew Kalbar.

Dihadiri oleh PMI Kota Pontianak Alik R. Rosad, dr. Hamdanu, Ketua PSMTI Kalbar Yo Nguan Cua, Kodim 1207/Ptk, Ketua Matakin Sutadi, Ketua Ai Xin, Ketua Inti Kalbar, Ketua MABT Pontianak dan undangan lainnya.

Alik R. Rosad dari PMI Kota Pontianak yang membuka kegiatan sosial tersebut menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PSMTI yang menggelar donor darah. ” ini kegiatan aksi benar-benar sosial, peduli sosial dengan donor darah ini yang dibutuhkan masyarakat.” Katanya.

Disebutkan di Kota Pontianak, PMI melayani 22 Rumah Sakit dan klinik akan kebutuhan darah se kota Pontianak.

“Diharapkan ini berjalan dengan baik dan berkelanjutan sehingga kekurangan akan darah bagi yang membutuhkan dapat terpenuhi.” Ucapnya.

Foto: Momen Foto Bersama sebelum makan kue bulan

Ketua Umum DPD PSMTI Kalbar Yo Nguan Cua melalui Sekretaris Umum Marius Eddy Sutanto menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini adalah program PSMTI secara nasional, hanya saja di tempat lain dilaksanakan tanggal 17 sampai 27 September 2022 bertepatan dengan hut PMI tanggal 17.

“Kita laksanakan tanggal 10 September 2022 ini bertepatan dengan hari perayaan Khow Hui Tok Cin momen kumpul-kumpul keluarga makan kue bulan, kalau pagi jam 8 sampai jam 11, malam dari jam 19 sampai jam 20 kita ada perayaan sembahyang dewi bulan.” Jelasnya kepada media kalbar.

Sembahyang Dewi Bulan ini adalah budaya tionghoa yang mungkin lama ditinggalkan. “Momen bagus ini bagi PSMTI kita rayakan kembali untuk melestarikan budaya tionghoa yaitu Sembahyang Dewi Bulan.” Tuturnya. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed