by

Puting Beliung Rusak 10 Rumah Warga Dusun Sasak

Bengkayang, Media Kalbar

10 rumah warga di Rt 7 Dusun Sasak Desa Tumiang Kecamatan Samalantan Kabupaten Bengkayang rusak akibat Angin puting beliung yang terjadi Jumat (1/4/2022) pukul 13.30 wib.

Melalui telpon selulernya Jais (52 tahun ) Warga Desa Tumiang menuturkan,” Kejadian angin puting beliung disertai dengan hujan deras telah merusak beberapa rumah warga di Dusun Sasak khususnya RT.7.

Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun 2 buah rumah rusak berat ,6 rumah sedang dan 2 rumah lainnya rusak ringan.

Untuk penanganan sementara kami bersama warga lainnya melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang terdampak dan melakukan perbaikan terhadap rumah yang rusak dengan peralatan seadanya, pemilik rumah juga mengungsi ditempat kerabat dan tetangga terdekat,” ucap Jais.

“Kami juga sudah menyampaikan kejadian ini ke Desa, Kecamatan dan juga Pemerintah Kabupaten Bengkayang dan terkait kejadian ini juga Pemerintah Desa akan membuat laporan secara tertulis kepada pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Bengkayang,” terang Jais.

Adapun 2 rumah warga dusun Sasak yang mengalami rusak berat atas nama Ateng dan Urbanus Nungeng, sedangkan 6 rumah yang rusak sedang atas nama Adong, Endek, Amin, Agus, Sodop, dan Julius Ijul, sedangkan yang rusak ringan atas nama Unyil dan Milus,” jelas Jais.

“Jadi kami mohon kepada Pemerintah untuk segera membantu korban terutama yang sudah tidak punya tempat tinggal karena rumahnya rusak berat dan tidak bisa ditempati,” harapnya.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Bengkayang S.Bowo Leksono di konfirmasi Sabtu (2/4/2022) membenarkan kejadian puting beliung di dusun Sasak desa Tumiang Kecamatan Samalantan.

Sejak kemarin kami sudah mendapatkan informasi langsung dari warga, dan beberapa tim sudah turun dilapangan.

Hari inipun saya bersama beberapa tim kembali mau ke Desa Tumiang, dan Camat Samalantan untuk mendata kerusakan dan berapa kerugian yang dialami warga. (Kur/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed