by

Resmi Jadi Desa Definitif, Bupati Muda: Ini Sejarah Bagi Masyarakat Desa Parit Keladi Kabupaten Kubu Raya

Kubu Raya, Media Kalbar

Parit Keladi resmi menjadi Desa definitif, Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, SH., bahwa itu sejarah bagi Kabupaten Kubu Raya dan masyarakat Desa Parit Keladi.

“ini adalah hari bersejarah bagi Pemda Kabupaten Kubu raya, Pemdes dan masyarakat Desa Parit Keladi.” Katanya saat memberikan sambutan pada acara syukuran Desa Parit Keladi Kecamatan Sungai Kakap, Senin (29/8)

Menurut Bupati, tujuan pemekaran Desa untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan pemerintah kepada masyarakat agar lebih cepat sehingga masyarakat bisa langsung menikmati produk pemerintahnya.

Diketahui Setelah melalui prooses yang cukup panjang dan alot Desa persiapan parit keladi dari hasil pemekaran Desa Induk Desa sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap resmi menjadi desa definitif Setelah mendapatakan Nomor kode Desa yang di Terbitkan Kemendagri dan di Resmikan oleh Bupati Kubu Raya Tanggal 17 Agustus 2022.

Bentuk rasa syukur masyarakat atas definitifnya Desa Persiapan Parit Keladi menjadi Desa Parit keladi dirayakan dengan menghelat selamatan atau syukuran yang digagas oleh Pemdes dan masyarakat desa setempat.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, Wakil Ketua DPRD Kubu Raya Ir.Usman, Dinas PMD Provinsi Kalmantan Barat Drs.Toni Sunardi,M.Si beserta sejumlah para Asisten,Kepala OPD, Camat Sungai Kakap,Danramil Sungai Kakap,Anggota Polsek Sungai Kakap dan sejumlah kepala Desa yang ada di Kecamatan Sungai Kakap serta Masyarakat setempat dan undangan lainnya

“Tentu sekali perjuangan tak terhenti kita lakukan oleh karena itu, mesti diikhtiarkan sebaik-baiknya guna kemajuan masyarakat, Apalagi di Desa Parit Keladi yang merupakan sentral pertanian sudah bagus,fasilitas juga mendukung, saya berjanji ke depan, pemda akan terus melengkapi fasilitas yang dibutuhkan masyarakat,” Tandasnya

Bupati Muda berpesan agar semua elemen masyarakat Desa Parit Keladi bahu-membahu untuk membangun desanya.

“Desa ini kan harus langsung bergerak, karena sudah definitif jadi yang pertama harus segera menyusun RKPDesa dan membentuk PPD. Penjabat Kadesnya langsung kerja dan camat mengawal, agar nanti bisa sekaligus menghasilkan Perdes dan RKPdes,termasuk persiapan-persiapan lain seperti perubahan nomenklatur dan lain sebagainya,” tuturnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya (KKR), Ir.Usman mengatakan sekian lama teman teman pemekaran di parit Keladi ini berjuang di suport semua dari stackholder Kabupaten Kubu raya teman teman DPRD dan sebagainya

Hari ini kita sama sama menyaksikan sudah resmi lah parit keladi ini menjadi Desa definitif harapan kita memang di tahun 2023 segera di laksanakan Pilkades sehingga lengkaplah parit keladi ini menjadi sebuah desa,mudah mudahan di tahun ke depan tahun 2023 semakin kelihatan pembangunan infrastruktur dan lain lain di desa parit keladi ini.

“Dengan sudah masuknya dana alokasi DD dan ADD ini untuk desa Parit Keladi sampai saat ini di akhir 2023 desa induk masih mensuport terkait kegiatan teman teman di Parit Keladi ,tentu kita bersyukur hari ini telah bertambah desa di kabupaten kubu raya.”Katanya.

Pada waktu yang sama Ketua Abdesi Kecamatan Sungai Kakap Syarif Muksin Alhinduan mengapresiasi atas definitipnya desa parit keladi.

“Tentunya kami selaku ketua Apdesi Harapan kami ke depan yang bagaimana desa parit Keladi ini kita telah dengarkan dari Pak Bupati masalah lahan pangan yang memang di sini kita sangat apresiasi jadi mudah mudahan ke depannya kami melalui Apdesi Ini bisa sinergi bersama kepala desa ataupun PJ desa parit keladi,”Ucapnya.

Rasikin Ketua pemekaran Desa persiapan Parit Keladi dan juga selaku ketua pelaksana kegiatan Syukuran kepada awak media dia mengatakan bahwa Desa Parit Keladi ini Yang di peruntukan ini keinginan masyarakat untuk mempunyai desa sendiri Yang nantinya bisa mempermudah pelayanan kemudian mempercepat pembangunan semuanya semoga bisa menjadi kan desa parit keladi ini masyarakatnya yang lebih baik.

“Cuma proses nya begitu panjang kami bentuk mulai 2010 ya berliku liku sehingga 17 Agustus kemarin 2022 telah mendapat no Desa dari kementerian dalam negeri di resmikan oleh bapak bupati kubu raya di halaman kantor bupati.” Katanya.

Harapan nya kepada instansi terkait supaya,kami masih butuh petunjuk dan arahan untuk parit keladi ke depannya terutama tentang pengelolaan keadministrasian dan sebagainya supaya di bimbing untuk Parit Keladi supaya kedepannya lebih baik.

Di singgung terkait persiapan pilkades untuk tahun 2023, “untuk kepala desa kita ke depan siapapun yang penting tidak meninggalkan visi dan misi kami untuk membuat parit keladi kedepan lebih baik pelayanannya, keterbukaannya kepada masyarakat. Jangan masalah politik itu nanti terbawa ke badan, siapapun nanti yang mencalon kan diri silahkan karena ini hak daripada masyarakat Indonesia.” Ujarnya.

“Saya sebenarnya pegawai negeri Kebetulan di universitas Tanjungpura dan saya masih menjadi pegawai PNS sampai tahun 2025 memang sesuai aturan Pemerintah PNS juga di izinkan boleh dan tidak meninggalkan hak nya sebagai pegawai negeri hanya untuk saya ,saya mempunyai keinginan untuk membangun parit keladi tetapi ingat untuk menjadi calon atau kepala desa seperti nya memang belum final nanti masih melihat situasi dan kondisi bagaimana masyarakat maunya seperti itu. Insya Allah kalau masyarakat menginginkan dari bawah karena memang niatnya untuk membangun parit keladi saya siap.” Tuturnya. (Tim/Mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed