by

Ria Norsan Pada Sedekah Kampung Bersama Ratusan Warga di Depan Keraton Ismahayana Landak

Landak, Media Kalbar

Calon Gubernur Kalbar,  H. Ria Norsan beserta istri, Erlina Norsan membaur bersama kerabat Keraton Ismahayana, Kabupaten Landak, Jumat (20/9/2024) petang.

Norsan disambut antusias ratusan masyarakat di acara “Sedekah Kampung” yang merupakan rangkaian agenda budaya Tumpang Negeri ke XXIV.

Sedekah Kampung, merupakan tradisi tahunan masyarakat Muslim di Landak yang dilaksanakan setiap bulan Safar dalam kalender hijriah.

Ritual adat ini, bertujuan untuk berdoa agar terhindar dari bala, memohon keselamatan, dan memohon kemudahan dalam mencari rezeki.

Ria Norsan dan Erlina, duduk bersila berjejer bersama warga. Membentuk saf untuk menikmati kue kampung yang telah dihidangkan di hadapan mereka. Suasana keakraban pun terjalin.

“Budaya ini perlu dilestarikan. Supaya nanti anak cucu kita tahu. Dan memang mesti digelar rutin setiap tahun,” kata calon gubernur Kalbar tersebut.

Melalui Sedekah Kampung, Wagub Kalbar periode 2018-2023 itu mendoakan masyarakat di Kabupaten Landak hidup dalam keberkahan dan keselamatan serta rezeki berlimpah.

Norsan pun mengaku sangat senang, melihat antusiasme warga yang mengikuti adat istiadat ini. Mereka duduk bersama tanpa membedakan status sosial.

“Ini merupakan cerminan kebersamaan. Tanpa membedakan status sosial kita berkumpul semua di sini. Berbagi makanan dan makan bersama,” pungkas Norsan. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed