by

Sebabkan Jalan Rusak, Bupati Sambas Cegat Sejumlah Truk Sawit

SAMBAS, Media Kalbar –
Sejumlah truk pengangkut sawit dicegat oleh orang nomor satu di kabupaten Sambas, pasalnya truk yang bermuatan sawit tersebut diduga membawa muatan berlebihan atau Over Dimensi dan Over Load (ODOL) di Jalan Raya Paloh, Kabupaten Sambas.

Pencegatan itu dilakukan Bupati Sambas, Satono dan Kapolres Sambas, AKBP Laba Meliala tanpa direncanakan, sebab ketika hendak menghadiri sebuah acara di Paloh, Bupati Satono dan rombongan bertemu truk pengangkut buah sawit yang membawa muatan melebihi batas.

“Kemarin kita cegat rombongan truk pengangkut buah sawit yang membawa muatan melebihi batas wajar. Itulah sebenarnya yang menyebabkan infrastruktur jalan kita cepat rusak. Para sopir-sopir ini sengaja membawa muatan yang sangat berat dan melebihi dimensi bak truknya,” ungkap Bupati Sambas,Minggu (14/8/2022)

Bupati Satono mengatakan, selain merusak infrastruktur jalan dan jembatan, ulah sopir truk yang membawa muatan melebihi kapasitas tersebut juga membahayakan pengguna jalan lain dan sang sopir itu sendiri.

Bupati H. Satono berpendapat, kendaraan yang membawa muatan melebihi batas normal itu akan sulit dikendalikan di jalan berlubang, tanjakan dan tikungan. Sehingga resiko kecelakaan lalulintas semakin tinggi.

“Dari segi aturan itu sudah jelas melanggar Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan. Disitu sudah jelas ada pidana dan denda kepada pelanggarnya. Tapi kemarin hanya kita beri imbauan saja, langsung oleh Bapak Kapolres Sambas,” katanya.

Bupati H. Satono mengatakan, setiap perusahaan sawit di Kabupaten Sambas wajib mengawasi transportasi Tandan Buah Segar (TBS) milik mereka maupun yang datang untuk menjual ke mereka. Jangan sampai ada pembiaran sehingga yang dirugikan adalah masyarakat. ( Urai Rudi )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed