by

Seniman Kalbar Menyerukan Apresiasi dan Dukungan untuk Kemajuan Seni Musik

Kubu Raya, Media Kalbar

Dalam sebuah pernyataan dari Organisasi Insan Musik Kalimantan Barat (IMKA), Rudi Halik mengemukakan kebutuhan mendesak akan apresiasi dan dukungan untuk seniman Kalimantan Barat. Meskipun seniman telah mengangkat citra daerah hingga tingkat nasional, mereka seringkali hanya dianggap sebagai pelengkap hiburan tanpa mendapatkan pengakuan yang layak.

Rudi Halik menggarisbawahi bahwa seniman Kalimantan Barat, terutama di bidang musik, perlu mendapatkan perhatian lebih besar. Musik, yang selama ini dianggap hanya sebagai alat hiburan, “sebenarnya memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan melalui pajak. Seniman juga telah berperan aktif dalam menggalang dana untuk membantu masyarakat dalam situasi sulit, meskipun pendapatan mereka sering tidak mencukupi.”Terangnya.

Organisasi ini berharap agar pemerintah dan semua stakeholder dapat memberikan apresiasi dan dukungan yang lebih besar terhadap seniman. Mereka menyoroti kontribusi seni dalam membuka lapangan usaha, terutama untuk UMKM di bidang seni dan budaya. “Seniman Kalimantan Barat diharapkan dapat mendapatkan ruang dan fasilitas, baik dalam bentuk anggaran maupun bantuan lainnya, untuk mendorong pertumbuhan seni dan memperbaiki taraf hidup masyarakat.” Harapnya.

Semoga teriakan dan aspirasi para seniman Kalimantan Barat ini tidak hanya terdengar, “tetapi juga direspon secara positif oleh pemerintah dan semua pihak terkait, untuk menciptakan keadilan di bidang seni.”Pungkasnya.(Mk/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed