by

Serah Terima Pekerjaan Program Pamsimas III Desa HID Tahun Anggaran 2021

Melawi, Mediakalbarnews.com – Sembilan desa di kabupaten Melawi menggelar serah terima pekerjaan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III Desa HID tahun anggaran 2021.

Serah terima program Pamsimas digelar di Aula Kantor Desa Tanjung Tengang, Senin (9/8). Perwakilan sembilan desa bersama Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Kalbar hadir bersama dalam kegiatan tersebut.

Ares Irwanda dari Satker Wilayah II Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Kalbar menambahkan serah terima program Pamsimas dilakukan di sembilan desa dari total 19 desa yang mendapatkan hibah di kabupaten Melawi. Desa-desa yang melakukan serah terima yakni Penyuguk, Nanga Raya, Nanga Tikan, Batu Ampar, Labang, Semadin Lengkong, Piawas, Langan, dan Tanjung Tengang

“Dalam serah terima ini juga ada pertanggungjawaban dari masing-masing KKM,” katanya.

Ares melanjutkan pada 2021 ada 139 desa yang mendapatkan program Pamsimas di Kalbar. 19 desa di Melawi pun sudah menyelesaikan pelaksanaan pekerjaan Pamsimas di desa masing-masing.

“Minggu ini disesuaikan dengan klusternya yakni di wilayah Ella, Nanga Pinoh serta Belimbing. Selanjutnya, desa-desa di kecamatan lain seperti Sokan dan sebagainya ,” katanya.

Besaran dana Pamsimas yang disalurkan disesuaikan dengan usulan di desa. Paling tinggi, kata Ares satu desa bisa menerima hingga Rp 245 juta.

“Harapan kami kegiatan Pamsimas bisa bermanfaat bagi masyarakat desa, terutama dalam penyediaan air bersih di desa,” ucapnya.

Kepala Desa Tanjung Tengang, Slamet Haryanto usai serah terima kegiatan Pamsimas berharap nantinya sarana air bersih yang telah dibangun bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat di desanya.

“Yang terpenting pula adalah pemeliharaan sarana air bersih yang telah dibangun sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lama,” katanya.

Slamet juga mengapresiasi pihak Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalbar yang telah menunjukkan Desa Tanjung Tengang sebagai salah satu desa penerima hibah program Pamsimas. Begitu juga dengan kelompok masyarakat yang telah dibentuk bisa menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Penulis : Eko Susilo

Publis : Bagus Afrizal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed