by

Sertijab KabagOps dan Kasat Narkoba Polres Kubu Raya

Kubu Raya,  Media Kalbar

Polres Kubu Raya menggelar upacara pelantikan dan serah terima jabatan (Sertijab) KabagOps Polres Kubu Raya dan Kasat Narkoba Polres Kubu Raya yang berlangsung di Aula Lt dua Polres Kubu Raya pada hari Sabtu (16/12/23) Pukul 14.00 WIB.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara sertijab Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat, S.H., S.I.K, yang dihadiri oleh PJU Polres Kubu Raya beserta Bhayangkari cabang Kubu Raya.

Sertijab dilakukan berdasarkan Surat Telegram Nomor: ST/904/XII/KEP/2023 tanggal 4 Desember 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan Polri dilingkungan Polda Kalbar.

Adapun pejabat yang diserahterimakan yaitu Kompol Rio Sigal Hasibuan, S.H., S.I.K., M.H, yang semula menjabat sebagai KabagOps Polres Kubu Raya diangkat dalam jabatan baru sebagai ANalis Kebijakan Pertama Bidang OPS Roops Polda Kalbar ( Dalam Rangka DIK Sespimmen T.A. 2024).

Jabatan KabaOPS Polres Kubu Raya diserahterimakan kepada AKP Much Shofian , M.A.P, yang sebelumnya menjabat Kanit 2 Sinego Subditdalmas Ditsamapta Polda Kalbar.

Kemudian, AKP Batman Pandia , S.I.P., M.A.P, yang semula menjabat Kasat Narkoba Polres Kubu Raya diangkat dalam jabatan barunya sebagai Kasat Narkoba Polresta Pontianak Kota. Jabatan Kasat Narkoba Polres Kubu Raya diserahterimakan kepada AKP Sagi, S.H, yang sebelumnya menjabat Panit 1 Unit 1 Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Kalbar.

Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat, S.H.,S.I.K., dalam amanatnya menyampaikan, serah terima di lingkungan Polri adalah merupakan hal yang biasa dan wajar terjadi dalam suatu organisasi. Mutasi ini dilakukan dengan tujuan untuk penyegaran, baik sebagai upaya Tour of Duty maupun Tour of Area dan juga merupakan reward atau wujud dari penghargaan pimpinan kepada personel yang bersangkutan.

“ Perlu disadari bahwa jabatan merupakan amanah yang diberikan oleh negara kepada kita, sehingga mengandung konsekuensi logis untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan dipertanggungjawabkan baik kepada organisasi, masyarakat maupun kepada Allah SWT,” ujar Arief.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga mengajak jajarannya untuk bekerja lebih keras, lebih cerdas, tingkatkan kekompakan dan saling koordinasi antara bawahan dan atasan dan sebaliknya.

” Kabupaten Kubu Raya tidak jauh berbeda situasinya dengan Kota Pontianak, Polres Kubu Raya termasuk penyangga Ibu Kota, bersama Polda dan Polresta mewujudkan situasi Kamtibmas di wilayah Kota,” ungkapnya.

Kapolres mengingatkan bahwa wilayah hukum Polres Kubu Raya sangat luas, meliputi 9 kecamatan yang memiliki karakteristik kerawanan daerah yang berbeda. Secara umum situasi kamtibmas masih kondusif, namun jangan underestimate dan tetap harus waspada serta meningkatkan perhatian terhadap dinamika dan perubahan situasi kamtibmas yang ada, apalagi saat ini memasuki tahun politik, lakukan koordinasi yang baik agar tidak menjadi kesalahpahaman apabila terdapat kendala dalam pelaksanaan tugas.

” Saat ini kita sudah memasuki tahun politik, selaku Polisi Republik Indonesia wajib bersikap netral dan saya menghimbau untuk mengingatkan kepada keluarga, teman dan masyarakat agar bijak dalam bermedia sosial dan hindari permasalahan,” ujarnya.

” Kepada pejabat yang baru, agar mengemban tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab, selalu memantau perkembangan situasi kamtibmas yang ada di lapangan, lakukan pendekatan kepada Тokoh Masyarakat, Agama, Pemuda, Tokoh Adat dan Tokoh Politik serta dengan instansi terkait lainnya sehingga kemitraan dengan masyarakat dapat terjalin dan bersama-sama masyarakat dapat menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” terangnya.

“ Kapolres tidak bisa bekerja sendirian tanpa rekan-rekan semua, mari kita jaga kekompakan dan laksanakan job description sesuai dengan fungsinya masing-masing,” pungkasnya.

Penutup, Kapolres Kubu Raya AKBP Arief Hidayat, S.H., S.I.K., mengucapkan terimakasih kepada pejabat lama atas dedikasinya selama menjabat di Polres Kubu Raya dan selamat kepada pejabat baru dan segera menyesuaikan dalam pelaksanaan tugas yang pastinya penuh tanggung jawab. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed