by

Tanam Pohon Mangrove Cegah Abrasi, Letkol Dadang : Jaga Lingkungan Tanpa Merusaknya

Sambas, Media Kalbar – Komandan Kodim 1208/Sambas dan Forkopimda Kab. Sambas Ikuti Zoom Meeting Penanaman Magrove serentak Nasional yang di laksanakan di Pesisir Pantai Pemangkat, Jalan Penjajap Barat, Dusun Turi, Desa Penjajap Kec. Pemangkat Kab. Sambas, Senin (15/5/23).

Penanaman mangrove serentak yang di Pimpin langsung oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo didampingi Panglima TNI dan Kapolri serta para menteri,

Adapun amanat Presiden RI dalam kegiatan tersebut mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI POLRI serta pemerintah Daerah dan pecinta lingkungan yang telah bersama – sama melaksanakan penanaman mangrove dengan tujuan untuk menjaga alam dan lahan mangrove kita.

Perlu diketahui bahwa luas lahan mangrove kita saat ini seluas 3,3 jt hektar yang harus kita jaga bersama – sama, Kita berharap proteksi dan hutan mangrove kita terjaga agar habitat hewan – hewan yang tinggal dihutan mangrove bisa terjaga dan berkembang biak serta bisa kita wariskan ke anak cucu kita kelak.

Dalam kesempatan yang sama Komandan Kodim 1208/Sambas Letnan Kolonel Inf Dadang Armada Sari S.I.P mengatakan “Hutan mangrove menjadi sumber yang sangat jelas untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat. Selain itu, manfaat hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang paling nyaman untuk mencegah bencana alam. Ungkapnya.

“Oleh sebab itu, penanaman pohon mangrove sangat penting sebagai penjaga pantai dari abrasi dan juga manfaat hutan mangrove untuk mencegah intrusi air laut kedaratan, erosi, dan abrasi pantai.

“Ini sebagai langkah awal kepedulian kita bersama, dalam membantu Pemerintah Daerah khususnya Kabupaten Sambas dalam melestarikan lingkungan hidup, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat untuk generasi mendatang,” Imbuh Dadang.

“Lanjut Letkol Dadang Menyampaikan Setiap individu harus bisa menjaga lingkungan tanpa merusaknya, sehingga lingkungan tersebut pada akhirnya akan kembali memberikan manfaatnya bagi kita semua, Pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Sambas diwakili Staf Ahli Bupati Sambas Bapak Yayan Kurniawan, Dandim 1208/Sbs Letkol Inf. Dadang Armada Sari S.I.P, Kapolres Sambas AKBP Sugiyatmo S.I.K, Dan Posal Paloh Kapten Laut (P) Edi. K, Wakil Ketua DPRD Kab. Sambas Bapak Suriyadi, Dan Yonif 645/ GTY diwakili Danton KI B Pemangkat Letda Inf Habibullah, Staf Ahli Bidang Hukum Bupati Sambas dr. Fatah. M, Asisten 2 Sekda Sambas Bapak Saptuni, Dan Lanud Harry Hadisoemantri diwakili Kadislog Mayor Kal Sandi Ramdani S.Si, Para Pasi Dim 1208/ Sambas, Camat Pemangkat Sherly Narulita S.Ip.,SH.,MH, Danramil 05/ Pemangkat Kapten Inf Karyadi dan Tamu Undangan Serta masyrakat setempat. ( Rai )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed