by

Upacara Gelar Pasukan Operasi Patuh Kapuas 2023, Kapolda Kalbar : Kedepankan Edukasi Dan Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas

Pontianak, Media Kalbar

POLDA Kalbar melaksanakan Upacara Gelar Pasukan Operasi Patuh Kapuas 2023 yang dipimpin langsung Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto, S.I.K., M.H., di Lapangan Jananuraga Polda Kalbar, Senin Pagi (10/7).

Upacara tersebut dihadiri Stakholder terkait antaranya Kodam XII/Tpr, Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar, Kacab Jasa Raharja Kalbar, Para PJU Polda Kalbar dan jajaran.

Dalam kesempatan tersebut Saat menyampaikan amanatnya, Jenderal Pipit Rismanto mengungkapkan sebanyak 573 peristiwa Kecelakaan terjadi sejak Januari hingga juni 2023 di Kalbar.

Dari jumlah tersebut, 224 orang meninggal dunia, 275 orang luka berat, dan 429 orang luka ringan.

Oleh sebab itu, kolaborasi seluruh pihak untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalulintas.

Kapolda Kalbar menekankan dalam operasi Patuh 2023 untuk mengedepankan edukasi kepada masyarakat dan pencegahan kecelakaan lalu lintas. Disamping itu Kapolda mengingatkan agar Anggota di Lapangan jangan bermain, Propam diterjunkan agar ini bisa ditindak jika ada anggota yang bermain, “bukan hanya anggota, pimpinannya juga kita tindak.” Tegas Kapolda.

Sementara saat wawancara dengan awak media, Jenderal Pipit menyampaikan bahwa data kecelakaan lalu lintas di Kalbar masih relatif tinggi, ini penyebabnya karena pelanggaran-pelanggaran yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas, kondisi yang lain-lain terkait ketidaktertiban ini menjadi sasaran utama.

“Yang terakhir kita ingin memberikan edukasi kepada masyarakat , jadi bukan jamannya lagi, memang penegakan ketertiban sebagai alternatif terakhir, kita berusaha memberikan edukasi untuk melakukan pencegahan-pencegahan. Ini yang kita dorong sehingga masyarakat mempunyai kesadaran untuk mau mematuhi peraturan lalu lintas.” Kata Irjen Pol Pipit Rismanto.

Disampaikan juga bahwa penilangan bisa dilakukan secara manual maupun elektronik, “namun demikian penilangan adalah alternatif terakhir, utamakan pencegahan, utamakan sosialisasi untuk memberikan edukasi. Tidak penting kita hebat dalam menilang, bagi saya bagaimana masyarakat Kalbar memahami etika cara berkendaraan dengan baik, cara menjaga keselamatan berlalu lintas.” Ujarnya.

Kapolda juga menyampaikan jumlah personel sebanyak 488 personel terdiri dari Anggota Polisi dari Polda, Polres jajaran dibantu stakholder terkait. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed