by

Upacara Pelantikan Pengawas TPS: Menjamin Kelancaran dan Keadilan Pemilu 2024 di Kecamatan Sungai Kakap

Kubu Raya, Media Kalbar

Dalam upaya memastikan kelancaran dan keadilan Pemilihan Umum tahun 2024, Kecamatan Sungai Kakap, Kubu Raya menggelar acara pelantikan dan pembekalan pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Acara berlangsung khidmat di Balai Gedung Pertemuan Kecamatan Sungai Kakap pada tanggal 24 Januari 2024. Pengawas TPS yang dilantik memainkan peran krusial dalam memastikan jalannya proses demokrasi.

Junaidi. S. Sos, Camat Sungai Kakap, dalam sambutannya menekankan peran krusial pengawas TPS dalam menjaga integritas dan transparansi Pemilu. Ia mengajak semua pihak untuk berkolaborasi demi suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024.,”ajaknya.

Sahrandi, Ketua Bawaslu Kecamatan Sungai Kakap, memberikan arahan terkait prosedur dan protokol yang harus diikuti pengawas TPS selama pemungutan suara, dengan tujuan memastikan pelaksanaan Pemilu sesuai regulasi yang berlaku., “Katanya.

Proses pelaksanaan pelantikan berlangsung dari tanggal 2 hingga 6 Januari, melibatkan tiga gelombang rekrutmen. Sahrandi Dia, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Baswlu) Kecamatan Sungai Kakap, menyatakan bahwa hari ini resmi dilakukan pelantikan 371 pengawas TPS dari berbagai desa di kecamatan tersebut.

Pengawas TPS diharapkan untuk memastikan keberlangsungan proses pemilu yang demokratis, termasuk pemeriksaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS masing-masing. Mereka diwajibkan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat dan mengawasi setiap tahap kegiatan pemilu, termasuk persiapan, pemungutan suara, hingga perhitungan., “Terangnya.

Pemimpin dan pemerintah setempat bersama-sama berkomitmen untuk mewujudkan pemilu damai. Sahrandi Dia menegaskan pentingnya peran para pengawas TPS sebagai ujung tombak di desa-desa, yang akan membantu pengawas kelurahan dan desa dalam mengawasi seluruh tahap kegiatan pemilu.”tandanya.

Diharapkan Pemilu 2024 di Kecamatan Sungai Kakap dapat berjalan aman, damai, dan demokratis, dengan tingginya partisipasi masyarakat pada tanggal 14 Februari 2024, serta menghindari golput.”Pungkasnya.(Mk/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed