by

Wujudkan Program Unggulan PASMINUMMAS, Dinas PerkimLH Sambas Lakukan Serah Terima Operasional   Pekerjaan Perluasan Jaringan Perpipaan dan Sambungan Rumah SPAM

Sambas, Mediakalbarnews.com

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup ( Perkim LH ) Kabupaten Sambas melakukan Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Daerah Kabupaten Sambas khususnya pada Pekerjaan Pengembangan Jaringan Distribusi dan Sambungan Rumah.

Acara Penandatanganan dan Penyerahan Berita Acara Serah Terima Operasional Hasil Pekerjaan dari Dinas Perkim LH Kabupaten Sambas kepada Perumda Air Minum Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas. Di Aula Rapat Dinas Perkim LH Sambas, Selasa (12/4/2022)

Plt.Kepala Perkim LH Kabupaten Sambas, Septiza, ST, M.Kes mengatakan bahwa Pekerjaan Pengembangan Jaringan Distribusi dan Sambungan Rumah yang dilaksanakan oleh Perkim LH Kabupaten Sambas, bersumber dari DANA ALOKASI UMUM (DAU) APBD KABUPATEN SAMBAS Tahun Anggaran 2021 dengan Total Nilai Kontrak sebesar Rp 2.909.951.000,.

“Yang tersebar di Desa Sungai Daun Kecamatan Selakau, Desa Sebawi Kec. Sebawi, Desa Lonam Kec. Pemangkat; Desa Bekut Kec. Tebas; Desa Tebas Kuala Kec. Tebas; Desa Makrampai Kec. Tebas; Desa Mensere Kec. Tebas; Jalan Amanah Kec. Tebas; Desa Dalam Kaum Kec. Sambas; Desa Sepuk Tanjung Kec. Sebawi; Pasar Semparuk Kec. Semparuk,” katanya. Selasa (19/4/2022)

Septiza mengatakan setelah serah terima operasional, kemudian akan dilanjutkan dengan penyerahan aset dari Pemda ke Perumda Tirta Muare Ulakan.

“Namun belum dipastikan dan akan dibahas serta didiskusikan lagi apakah nantinya akan diserahkan dalam bentuk Penyertaan Modal atau Hibah atau Pengalihan Status Aset. Ini masih belum dipastikan,” katanya.

Dia berharap pengembangan Jaringan Distribusi dan Sambungan Rumah yang sudah dilaksanakan dan dibangun ini dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga kebutuhan masyarakat akan air bersih dapat terpenuhi.

Sementara itu Direktur Perumda Air Minum Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas, ARPANDI, SP mengatakan Kegiatan Pengembangan Jaringan Perpipaan dan Sambungan Rumah yang dilaksanakan oleh Dinas PerkimLH Kabupaten Sambas sepenuhnya telah termanfaatkan.

“Meliputi total Sambungan Rumah sebanyak 352 Unit; Total Panjang pipa distribusi sepanjang 11. 472 Meter,” ujarnya menyebutkan.

Dia mengatakan kedepannya pihak Perumda air Minum Tirta Muare Ulakan akan bersinergi dengan Pemda Kabupaten Sambas melalui Dinas Perkim LH Kabupaten Sambas dalam pengembangan jaringan distribusi air minum dan sambungan rumah.
( Urai Rudi )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed