by

1.137 Dosis Vaksin Ke Siswa Sekolah, Bupati Sambas Tinjau Langsung Ke Lokasi Vaksinisasi

Sambas, Media Kalbar-Sebanyak 1.137 dosis vaksinasi massal yang di berikan kepada siswa sekolah SMA, SMK dan SMP di Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Sabtu (2/10/2021). Bertempatan di Gedung Serbaguna ANA

Dalam kesempatan itu Bupati Sambas, H.Satono langsung meninjau kegiatan vaksinasi massal kepada siswa sekolah SMA, SMK dan SMP di Kecamatan Tebas,
Satono menyampaikan, akan segera mengeluarkan surat edaran agar siswa di atas 12 tahun wajib divaksin sebelum mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah. Untuk mendukung kebijakan itu nantinya, dia telah meningkatkan ploting vaksin kepada siswa sekolah.

“Segera akan saya keluarkan edaran wajib vaksin bagi siswa sekolah di atas 12 tahun. Makanya kita sudah ploting vaksiin untuk siswa tingkat SMA 20 ribu dosis, dan siswa SMP 28 ribu dosis,” Jelasnya

Kendala proses vaksinasi massal di Kabupaten Sambas, Bupati Satono mengungkapkan dalam proses tersebut sering terhambat gangguan sever. Akibatnya, data yang masuk dalam aplikasi tidak sebanding dengan jumlah dosis vaksin yang diberikan sebenarnya.

“Hari ini ada lagi gangguan server, jadi kita input data manual terlebih dahulu. Inilah salah satu kendala teknis untuk menginput data mereka yang sudah divaksin. Padahal kita sudah lakukan vaksinasi massal sejak kemarin, namun yang terinput di sistem itu hanya separuhnya,” Ungkapnya

Berdasarkan informasi dia dapat, kata Satono, gangguan server tetrsebut terjadi secara nasional. Kendati demikian, tidak menyurutkan Satgas untuk melakukan vaksinasi massal. Hari ini kata dia, jumlah vaksinasi massal yang dilakukan mencapai 6000 orang. Besok akan lebih banyak lagi.

“Kita mendapat kiriman vaksin sebanyak 59 ribu dosis, dalam sepekan akan kita habiskan, nanti jika sudah habis, Pak Gubernur janji akan tambah lagi. Untuk Kecamatan Tebas, memang memiliki populasi penduduk yang cukup padat, saya harap kepada Satgas Kecamatan Tebas, bagaimana mereka mendorong sebanyak mungkin dan mempercepat proses vaksinasi massal kepada masyarakat,” katanya.

Satono berterimakasih kepada Gubernur Kalbar yang telah memberikan kuota vaksin yang lebih banyak dari daerah lain. Hal itu kata dia, sangat membantu dalam percepatan penanganan Covid-19 di Sambas.

“Sebenarnya wajar kita diberi vaksin lebih banyak, karena populasi sasaran vaksin kita juga banyak. Jika Singkawang diberi satu, kita harus diberi tiga. Karena jumlah sasaran kita tiga kali lipat Singkawang,” katanya.

Sinergitas semua pihak dalam penangan pandemi kata Bupati Satono sangatlah penting, mulai dari provinsi sampai kabupaten harus saling berkesinambungan. Dia optimis, jika sinergitas semua stakeholder terjaga dengan baik, maka target 1.5 juta sasaran vaksin sampai akhir Oktober 2021, oleh Gubernur Kalbar bisa tercapai.
( Urai Rudi )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed