by

103 Ormas Tercatat Di Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau

SANGGAU, Media Kalbar

Hingga September 2021, sebanyak 103 organisasi masyarakat (ormas) di Bumi Daranante, julukan Kabupaten Sanggau tercatat di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Badan Kesbangpol) Kabupaten Sanggau.“Yang tercatat ataupun terdata di Kesbangpol Sanggau sebanyak 103 Ormas. Ratusan ormas ini dari sisi legalitasnya, keberadaannya sudah resmi,” kata Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau Antonius, belum lama ini.

Ia menjelaskan, dengan tercatatnya 103 ormas ini, berarti pemerintah daerah mengakui keberadaan ormas tersebut di wilayah Kabupaten Sanggau.“Namun demikian kita juga menyadari sampai saat ini masih ada ormas yang belum melaporkan keberadaannya kepada kita,” ujar Antonius.

Untuk itu, ia meminta agar Ormas yang belum melaporkan, termasuk yang belum memiliki legalitas, segera melaporkan kepada pihaknya. Sehingga jika belum memiliki badan hukum bisa segera diajukan.

“Penting keberadaan ormas diketahui oleh pemerintah daerah. Karena apa, karena tugas pemerintah daerah adalah melakukan pembinaan terhadap ormas yang ada. Dengan mereka melaporkan, berarti pemerintah daerah menjadi mudah untuk memonitor perkembangan ormas-ormas yang ada di wilayah Kabupaten Sanggau,” pungkasnya. (MJ)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed