by

Ahmad Faruki Dan Bustomi Ukir Sejarah, Peletakan Batu Pertama Kantor PC NU Kota Pontianak

Pontianak, Media Kalbar

Ketua PCNU Kota Pontianak, Drs. KH. Ahmad Faruki, bersama ketua panitia Pembangunan Ahmad Bustomi mengukir sejarah untuk NU di Kalbar khususnya Kota Pontianak dengan Pertama kali membangun Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Pontianak, yang pada hari ini, Senin (20/11/2023) pembangunannya dimulai peletakan batu pertama dengan prosesi penyiraman air berkah.

Kegiatan tersebut dihadiri Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MM, MT., Wakil Walikota Pontianak, H. Bahasan, SH., Anggota DPRD Provinsi Kalbar H. Mad Nawir, Ketua DPRD Kota Pontianak, Sataruddin, SH., Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak, Firdaus Zar’in, Kakan Kementerian Agama Kota Pontianak, Mikraj, Ketua PW NU Kalbar, Mantan Bupati Kubu Raya, H. Rusman Ali, Tokoh masyarakat yang juga Calon DPD RI, Tukirin dan sejumlah undangan serta para pengurus NU se Kota Pontianak.

Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MM, MT., saat memberikan Sambutan sangat mengapresiasi pembangunan Kantor PC NU Kota Pontianak yang representatif, dimana lokasi tersebut mendukung perkembangan pembangunan Kota Pontianak.

“Saat ini duplikasi jembatan kapuas 1 mencapai 87,6%, kemudian akan dilaksanakan pelebaran jalan sultan hamid II.” Kata Edi Rusdi Kamtono.

“Insya Allah pembangunan PC NU Kota Pontianak ini cepat selesai.” Imbuhnya.

Selain itu Walikota berpesan bahwa di tahun politik ini, Pemilu Damai, jangan terpecah walaupun beda warna.

Sebelumnya Ketua PC NU Kota Pontianak, Drs. KH. Ahmad Faruki menyampaikan bahwa pembangunan Kantor PC NU Kota Pontianak ini dimulai dengan hibah tanah 20×50 meter, kemudian iuran pengurus NU Kota Pontianak masing-masing Rp. 3 juta, “hasilnya untuk modal awal pembangunan ini 300 juta rupiah, ditambah dengan bantuan dari donatur.” Kata Faruki.

Kepala sejumlah awak media Ahmad Faruki menjelaskan bahwa pembangunan Kantor PC NU Kota Pontianak tersebut dibangun dengan gotong royong Pengurus PC NU Kota Pontianak dan para donatur.

“Ini berkat semua, Walikota Pontianak kita berharap bisa mengawal ini sampai selesai, Demikian juga kepada semua pengurus PC NU, Majelis Taklim ketua alumni Pesantren dan masyarakat itu terlibat sehingga target kami dalam waktu 2 tahun itu bisa terselesaikan.” Ungkapnya.

Ahmad Faruki juga mengatakan bahwa gedung PC NU Kota Pontianak akan menjadi pusat dakwah, tempat kegiatan masyarakat. Anggaran untuk pembangunan sebesar Rp. 5,4 miliar.

“Apresiasi atas bantuan pertama dari Walikota ada ya untuk tahun ini, tahun depan kita harap juga ada kemudian sumbangan dari pengurus-pengurus Nahdlatul Ulama dari PC sampai ke ranting sekitar 700 juta kemudian bantuan dari donatur Seperti yang saya bacakan tadi, bantuan dari Pak Haji Mad Nawir 100-an zak, ada bantuan dari Tukirin Suryo Adinegoro 1000 zak semen, ada bantuan dari Alfian Aminardi 8 juta ada bantuan dari Pak Sukiryanto 150 zak semen dan beliau akan menambah lagi, demikian juga yang lain Pak Rusman Ali, Syarif Abdullah, beliau tidak bisa hadir dia akan membantu berupa besi untuk pembangunan ini. Insya Allah yang lain akan mengalir.” Jelasnya.

Sejalan dengan itu Ketua Panitia Pembangunan Gedung PC NU Kota Pontianak, KH. Ahmad Bustomi, SPd. I, MPd. I., mengungkap bahwa dengan peletakan batu pertama tersebut, pembangunan Kantor PC NU Kota Pontianak dimulai dan berlanjut terus sampai selesai dengan target maksimal 3 tahun.

“Kemudian dengan besarnya anggaran untuk pembangunan gedung Kantor PC NU Kota Pontianak, panitia akan melakukan langkah-langkah yaitu, pertama Pergerakan kaleng koin dengan target 5000 kaleng koin, kedua, Proposal untuk pemerintah dan instansi, kemudian donatur tetap serta usaha-usaha panitia lainnya. ” ungkap Ahmad Bustomi yang juga Caleg DPRD Kota Pontianak dari Partai Gerindra ini.

Selain itu, Katanya, Panitia dan pengurus PC NU Kota Pontianak akan melakukan doa dalam rangka mengetuk pintu  langit, doa Kepada Allah SWT, agar Allah SWT memberikan kemudahan dan kelancaran dalam pembangunan gedung Kantor PC NU Kota Pontianak.

Sebelumnya ketika menyampaikan laporan, Ahmad Bustomi menjelaskan bahwa Gedung PC NU Kota Pontianak luas 16×35 M3, dibangun 3 lantai, dimana lantai 1 untuk parkir, lantai 2 untuk Aula dan musholla dan lantai 3 untuk Kantor PC NU Kota Pontianak.

Ia juga mengapresiasi kepada semua pihak yang telah  membantu pelaksanaan peletakan batu pertama dan pembangunan gedung Kantor PC NU Kota Pontianak.

Salah satu donatur Tukirin Suryo Adinegoro mengungkap bahwa bantuan ke pembangunan Kantor PC NU Kota Pontianak adalah murni ikhlas, karena dirinya mempunyai rezeki dan kelonggaran untuk membantu sebagai Pengembang di Kalbar.

Tukirin juga mengungkap kan bahwa dirinya dibesarkan oleh Kyai, bagroun NU itu Kyai, “jadi apa pun gerakan NU kita bantu selama ada kelonggaran. ” kata Ketua Umum Apperindo ini yang juga Calon DPD RI.

Kegiatan juga diberikan penghargaan kepada Walikota, Wakil Walikota Pontianak, Ketua DPRD, Donatur antaranya H. Mad Nawir, H. Rusman Ali, Tukirin dan tokoh masyarakat serta tokoh agama. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed