by

Asap Tebal di Ferry Penyeberangan Sekura Ternyata Efek Gas Besar

SAMBAS, Media Kalbar – Kapal Ferry KMP Saluang yang melayani penyeberangan Sekura, (Tanjung Harapan-Teluk Kalong) tiba-tiba mengeluarkan asap tebal, Kecamatan Teluk Keramat, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar). Sabtu, (1/1/2022) pagi

Kejadian itu sontak viral di media sosial. Banyak yang mengira terjadi kebakaran di dalam kapal, ternyata tidak.

Kapolres Sambas AKBP Laba Meliala melalui Kapolsek Teluk Keramat, Ipda Eko Zaenudin saat dikonfirmasi mengatakan, video yang beredar memperlihatkan kepulan asap pekat dari KMP Seluang, benar terjadi. Namun kepulan asap itu bukan karena kebakaran.

“Kita sudah klarifikasi ke Kapten Ridwan selaku nahkoda kapal. Ternyata itu efek mesin digas tinggi. Sehingga asap pembakaran tebal,” jelasnya kepada Media Kalbar

Menurut keterangan Kapten Ridwan sang nahkoda KMP Saluang dalam video klarifikasinya yang diterima redaksi Klik Sambas, asap itu akibat perputaran mesin yang tinggi.

“Karena arus deras saya menekan gas lebih tinggi dari biasanya hanya 900 saja. Perputaran mesin yang tinggi membuat oli masuk ke cerobong dan terjadilah kepulan asap tebal seperti di video viral itu,” jelasnya.

Masyarakat harusnya belajar, peristiwa asap tebal yang keluar dari cerobong Kapal Ferry bukan pertama ini.

Lagi-lagi, itu hanya disebabkan karena tinggi nya torsi mesin. Jangan sampai apa yang kita unggah menyebabkan persepsi sesat dalam pikiran masyarakat.
( Urai Rudi )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed