by

Betangas Salah Satu Alternatif Percepat Pemulihan Covid-19

Melawi, Mediakalbarnews.com – Dalam menangkal dan memutus mata rantai serta pemulihan Virus Corona (Covid-19) berbagai ikhtiar dilakukan, termasuk Betangas.

Tradisi mandi uap rempah atau Betangas biasanya dilakukan kalangan masyarakat Melayu serumpun untuk menghilangkan bau badan bagi calon pengantin.

Betangas ternyata juga mampu menghilangkan toksin (racun) di dalam tubuh, bahkan mampu membunuh kuman penyakit saat demam dan saat pemulihan dari sakit.

H. Syawaludin warga Desa Sidomulyo Nanga Pinoh penyedia bahan rempah-rempah untuk Betangas menyampaikan kepada Mediakalbarnews.com berdasarkan pengalaman dirinya ketika tidak sehat sejak Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah lalu.

” Tanpa berobat dan meminum obat, saya demam selama 8 hari sejak lebaran dihari pertama, saya coba untuk Betangas 2 kali dalam seminggu, dan akhirnya demam saya sembuh, yang pasti saat Pandemi Dieses Covid-19 ini Betangas sangat diperlukan, bisa membantu pemulihan, ” cerita Syawal. Senin (7/6/21).

Dirinya pun mengatakan bahwa saat ini bagi warga Nanga Pinoh yang memerlukan bahan rempah-rempah untuk Betangas bisa menghubungi dirinya ke no Hp/Wa 0812-5744-6450 atau datang langsung ke alamat rumahnya : BTN Mala Indah Kompleks Hotel Bintang Anugerah No.17.

Menurutnya Betangas bisa menggunakan media tikar purun yang dibuat melengkung.

” Semua bahan itu direbus dalam wadah sampai mendidih, kemudian dengan menggunakan tikar purun. Orang yang hendak betangas duduk di kursi sedangkan didepannya wadah rempah yang sudah mendidih, kemudian dilingkari dengan tikat dan dirapatkan lagi dengan kain atau selimut agar hawa rempah-rempah yang ada dalam wadah tidak keluar, sehingga menguap sepenuhnya kepada orang yang betangas didalamnya yang hanya nampak kepala diluar penutup,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan penulis berita ini Bagus Afrizal, ketika diri dan istrinya dinyatakan positif hasil Swab PCR dan selama menjalani Isolasi Mandiri di rumah.

” Selain meminum obat dari Puskesmas, saya dan istri juga mencoba Betangas dirumah, alhasilnya baru sekali sudah terasa nyaman dibadan, karna sewaktu Betangas keringat benar-benar keluar semua dikarenakan uap rempah-rempah, ” terangnya.

Bagus Afrizal pun menggakui, memang belum ada uji klinis yang menyatakan Betangas bisa mengobati pasien Covid-19, tapi dirinya merasakan sedikit membantu percepatan pemulihan setelah Betangas.

” Apa salahnya dicoba, toh Betangas bagi masyarakat kita juga sudah dilakukan secara turun-temurun dan diyakini bisa membantu pemulihan saat sakit, ” sarannya.

Penulis/Publis : Bagus Afrizal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed