by

Bupati Buka Festival “Lumak Bekayu Kelakik Cup II” Tahun 2023

 

Mediakalbar, Melawi – Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa membuka secara resmi Festival Lomba Sampan Bidar “Lumak Bekayu Kelakik Cup II” Tahun 2023, di Desa Kelakik, Kecamatan Nanga Pinoh, Sabtu (12/08/2023).

Kepala Desa Kelakik, Maman Rahmad, S.Ei dalam laporannya menyampaikan Festival Lumak Bekayu Kelakik Cup II ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78 di Kabupaten Melawi.

“Festival ini bukan hanya sekedar lomba sampan saja melainkan salah satu event budaya dengan kearifan lokal dimana bekayu atau besampan ini merupakan aktivitas masyarakat sehari-hari yang tinggal di sepanjang Sungai Melawi”, terangnya.

Maman juga mengatakan bahwa Festival Lomba Sampan Bidar atau Lumak Bekayu Kelakik Cup tahun 2023 ini merupakan kali kedua dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Kelakik.

“Lumak Bekayu Kelakik Cup II tahun ini diikuti oleh 35 peserta dari berbagai desa yang ada di Kabupaten Melawi. Saya ucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah ikut berpartisipasi pada event kali ini”, ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam sambutannya menyambut baik sekaligus mengapresiasi jajaran Pemerintah Desa Kelakik dan Panitia Penyelenggara Lumak Bekayu Kelakik Cup II yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Menurutnya, lomba sampan bidar ini merupakan salah satu kegiatan yang membawa nuansa kearifan lokal dengan suasana kebersamaan dan sukacita dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78 di Kabupaten Melawi.

“Saya sangat mendukung penuh setiap ide kreatif dan gagasan masyarakat yang ingin memeriahkan HUT RI dengan kegiatan-kegiatan positif dan menarik”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati berharap Lumak Bekayu Kelakik Cup II ini dapat terus dilaksanakan dan menjadi agenda tahunan dalam rangka memeriahkan HUT RI di Melawi.

“Ini merupakan kali kedua dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Kelakik, saya sangat mendukung event ini terus dilaksanakan setiap tahun dan diharapkan menjadi icon atau kekhasan daerah dimana Kabupaten Melawi sangat potensial dalam pengembangan wisata air ataupun Sungai”, ungkapnya.

Bupati juga berharap event atau Festival Lumak Bekayu ini bisa menciptakan suasana persaudaraan dan kebersamaan diantara seluruh masyarakat.

“Saya ucapkan selamat bertanding kepada seluruh peserta. Saya juga berpesan kepada seluruh penonton agar selalu menjaga kebersihan Sungai kita”, tutupnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Anggota DPRD Kabupaten Melawi, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi, Camat Nanga Pinoh dan Forkopincam, Pengurus KONI Kabupaten Melawi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan masyarakat. (*/Bgs).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed